Cara Tingkatkan Imun Tubuh Hanya dengan Rutin Konsumsi Minuman Ini, Apa Ya?

Cara Tingkatkan Imun Tubuh Hanya dengan Rutin Konsumsi Minuman Ini, Apa Ya? Kredit Foto: (Foto: Digital Trends)

Lemon memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Air perasan lemon sangat populer dijadikan sajian minuman dingin ataupun panas.

Direktur medis dan mitra pengelola Monarch Athletic Club, Dr. Ryan M. Greene mengatakan bahwa menambahkan sedikit lemon pada secangkir air hangat bisa menguatkan sistem imun atau kekebalan tubuh dan memperpendek masa flu.

"Serat buah lemon yang disebut pectin itu membantu memberi makan bakteri microbiome, yang bermanfaat memperkuat sistem kekebalan tubuh," kata Greene dilansir Martha Stewart, Rabu (25/3/2020)

Pectin juga bisa meningkatkan produksi enzim pencernaan, meningkatkan fungsi usus secara teratur, dan membantu menghilangkan racun dalam tubuh. Selain itu, vitamin C yang terkandung dalam lemon juga bisa mengurangi durasi dan tingkat keparahan infeksi saluran pernapasan atas.

Sebaiknya lemon yang dikonsumsi saat masih segar, sehingga manfaat yang didapat maksimal. Untuk itu Greene menyarankan agar senantiasa mencuci dan mengupas kulit, sebelum lemon diperas ke dalam air.

Namun begitu, bagi Greene, tidak masalah bagaimanapun lemon disajikan. Hangat, dingin, ataupun minuman lemon botol, semuanya baik bagi pencernaan.

Ahli gizi Julie Hefner menyatakan bahwa waktu terbaik mengonsumsi lemon adalah di pagi hari. Karena menurut dia, lemon memiliki manfaat pemulihan.

"Campurkan perasan lemon pada air hangat. Lemon membantu memulihkan kembali sistem pencernaan dan merehidrasi tubuh," kata Hefner.

Selain itu, lemon juga baik dikonsumsi saat diet karena bisa menahan rasa lapar. Bahkan Hefner seringkali menambahkan kulit lemon ke dalam saladnya.

"Saya suka membuat kulit buah lemon dan menambahkannya ke salad, sayuran, ayam, dan hidangan ikan karena nutrisi yang bermanfaat dan rasa aromatik yang intens," tambah Hefner.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini