Masyarakat yang Terhormat, Please Contoh Orang Vietnam Kalau Gak Mau Tertular Corona!

Masyarakat yang Terhormat, Please Contoh Orang Vietnam Kalau Gak Mau Tertular Corona! Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyebut, masyarakat Indonesia harus banyak belajar dari berbagai negara yang mampu menghentikan penyebaran virus corona.

 

Salah satunya kata Yurianto adalah dari Vietnam yang sangat mengedepankan protokol physical distancing atau menjaga jarak fisik.

 

"Banyak pembelajaran dari negara lain yang berhasil menangani hal ini. Satu contohnya adalah di Vietnam. Di Vietnam mengedepankan physical distancing. Menjaga diri, menjaga jarak dan kemudian self isolation," kata Yurianto dalam keterangan resmi, Rabu (25/3/2020).

 

Baca Juga: Pakar Vietnam Ciptakan Kamar Pembasmi Corona, Dipakai 1.000 Orang per Hari

 

Yurianto menilai jika upaya pencegahan virus corona Covid-19 kuncinya ada di masyarakat. Karena itu dirinya menekankan agar masyarkat tetap menerapkan physical distancing.

 

Baca Juga: Hebatnya Vietnam di Tengah Wabah: Ciptakan Alat Uji Corona 10 Ribu per Hari

 

"Ini menjadi kekuatan besar yang dilaksanakan masyarakat. Dia bisa menghentikan penularan ini. Tidak kemudian harus berpikir untuk ditunggu sampai sakit tetapi dicegah jangan sampai sakit," terangnya.

 

Disisi lain kata dia, pemerintah terus berupaya menghentikan Covid-19 dengan memastikan kesehatan masyarakat bisa terjaga dengan baik.

 

"Oleh karena itu seperti gugus tugas sampaikan juga, yang sehat dijaga harus sehat, yang agak sakit harus segera dilakukan pengawasan, pengawasan agar jadi sehat. Kemudian yang sakit kami berikan layanan rawatan sebaiknya agar menjadi sehat. Ini menjadi kunci," tandasnya.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini