Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cegah Corona, Tiket Kereta Api Bisa Dibatalkan. Caranya...

Cegah Corona, Tiket Kereta Api Bisa Dibatalkan. Caranya... Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Warta Ekonomi -

Guna mendukung imbauan pemerintah agar masyarakat tetap berada di rumah, PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah melakukan pengurangan jadwal perjalanan kereta, dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen sejak Senin, 23 Maret 2020. Cara ini dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19.

Bagi pengguna jasa kereta api yang berencana membatalkan perjalanan, bea pengembalian tiket 100 persen dan bisa dilakukan secara online agar tidak terjadi penumpukan.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa menjelaskan, ada 19 perjalanan dibatalkan dari 23 Maret sampai 1 April 2020, dan kereta yang mengalami pembatalan operasional itu memiliki jarak berdekatan.

Calon penumpang, kata dia, memiliki pilihan kereta lain apabila memang harus tetap melakukan perjalanan. Namun, jika calon penumpang tidak berkenan mengganti jadwal, tiket yang sudah dipesan bisa dibatalkan dengan bea pengembalian sebesar 100 persen.

"Pembatalan tiket dengan pengembalian bea 100 persen juga berlaku bagi calon penumpang kereta yang memiliki jadwal keberangkatan pada masa tanggap darurat Corona, yaitu 23 Maret-29 Mei 2020," kata Eva melalui keterangan tertulisnya, pada Rabu  25 Maret 2020.

Menurut dia, secara total terhitung sejak 1 Maret hingga kini sekitar 71 ribu tiket untuk keberangkatan sampai dengan 90 hari ke depan telah dilakukan proses pembatalan, melalui loket Stasiun Gambir dan Pasar Senen, serta jalur online.

"Guna menghindari penumpukan calon penumpang yang ingin melakukan pembatalan di loket stasiun, bahwa pembatalan dapat dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access," ujarnya.

Ia menjelaskan calon penumpang tetap bisa melakukan pembatalan di aplikasi KAI Access, meskipun pembelian tiket melalui stasiun dan channel penjualan tiket yang lain. Yang terpenting, nomor identitas yang didaftarkan pada akun aplikasi KAI Access harus sesuai dengan nomor identitas pemesan tiket.

"Bahkan, pembatalan melalui KAI Access juga bisa untuk membatalkan tiket lainnya yang masih memiliki satu kode booking," katanya.

Loket Pembatalan Tiket

Eva mengatakan apabila calon penumpang tidak melakukan pembatalan melalui aplikasi KAI Access maka bisa langsung datang ke loket pembatalan yang ada di stasiun. Menurut dia, ada delapan stasiun di wilayah Daop 1 Jakarta yang melayani pembatalan tiket kereta jarak jauh.

"Masing-masing stasiun memiliki tiga loket untuk melayani pembatalan tiket. Bahkan, guna menghindari antrean, khusus di Stasiun Gambir dan Pasar Senen, ditambah menjadi lima loket layanan pembatalan tiket," jelas dia.

Berikut jadwal operasional pelayanan loket pembatalan tiket di stasiun yang buka setiap hari (Senin-Minggu):

1. Stasiun Gambir: Pukul 07.00 - 22.00 WIB

2. Stasiun Pasar Senen: Pukul 07.00 - 22.00 WIB

3. Stasiun Jakarta Kota: Pukul 07.00 - 19.00 WIB

4. Stasiun Bogor: Pukul 09.00 - 16.00 WIB

5. Stasiun Cikampek: Pukul 07.00 - 22.00

6. Stasiun Rangkasbitung: Pukul 09.00 - 16.00 WIB

7. Stasiun Serang: Pukul 09.00 - 19.00 WIB

8. Stasiun Bekasi : Pukul 07.00 - 22.00 WIB.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Bagikan Artikel: