Alhamdulillah, Pemerintah Izinkan Mudik, Tetapi...

Alhamdulillah, Pemerintah Izinkan Mudik, Tetapi... Kredit Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay

Juru Bicara penanganan virus corona Achmad Yurianto mengatakan pemerintah masih memperbolehkan masyarakat untuk mudik ke kampung halaman di tengah wabah corona atau covid-19 ini. Namun, ia mengatakan ada beberapa protokol keselamatan yang harus dilakukan.

"Tidak apa-apa (pulang kampung). Ya jangan dekat-dekat (dengan orang lain). Physical distancing itu fondasi dasarnya. Kalau membangun rumah fondasinya itu (jaga jarak). Terserah mau pakai tembok, pakai bata, fondasinya itu," katanya di Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Baca Juga: Update Corona di Sumut: Total ODP Naik Tajam Jadi 3.080 Orang

Lanjutnya, ia menegaskan bahwa fondasi utama saat berpergian di tengah situasi wabah corona yakni menjaga jarak agar yang sehat tidak tidak tertular. 

"Jaga jarak pada setiap komunikasi jadi penting. Droplet percikan ludah atau lendir saat bersin batuk bisa sejauh 1,5 meter menyebar. Jarak itu yang kita jaga. Kurang lebih itu kita pertahankan. Siapapun mereka yang bawa virus ini tidak tampak sebagai orang sakit," jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa masyarakat harus tetap menjaga pola hidup bersih dengan sering mencuci tangan dan makan makanan bergizi.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini