Akibat Corona, Startup Peluncuran Luar Angkasa Terpaksa Produksi APD

Akibat Corona, Startup Peluncuran Luar Angkasa Terpaksa Produksi APD Kredit Foto: Antara/Feny Selly

Skyrora, perusahaan digital rintisan (startup) dengan bisnis peluncuran ke ruang angkasa mengalihkan seluruh kapasitas manufaktur untuk menghadapi virus corona (Covid-19). Perusahaan yang berbasis di Edinburgh, Skotlandia ini mengatakan, pengalihan kegiatan produksi itu untuk memenuhi panggilan pemerintah Inggris untuk menyediakan peralatan kesehatan yang sangat dibutuhkan bagi para petugas yang tengah bekerja menghadapi krisis virus tersebut.

Skyrora mengatakan bahwa keseluruhan operasi di Inggris, termasuk semua sumber daya manusia dan modal kerjanya sekarang didedikasikan untuk tanggapan Covid-19. Startup yang didirikan pada tahun 2017 ini sebelumnya telah bekerja menuju uji terbang pesawat ruang angkasa pertamanya. Mereka telah membuat kemajuan termasuk uji mesin awal yang sukses menggunakan bahan bakar roket eksperimental, lebih ramah lingkungan yang selesai pada bulan Februari.

Baca Juga: Blibli Galang Donasi Sediakan APD bagi Tenaga Medis Lawan Covid-19

Namun demikian, untuk saat ini Skyrora akan fokus penuh pada membangun pembersih tangan, upaya pertama untuk mendukung respons Covid-19. Perusahaan telah memproduksi batch awal mereka menggunakan pedoman dan persyaratan WHO dan sekarang bertujuan untuk meningkatkan upaya produksinya ke titik di mana ia dapat memproduksi sanitizer dengan kecepatan lebih dari 10.000 botol 250 ml per minggu.

Skyrora mengatakan, sebenarnya ada hubungan yang cukup dekat antara roket dan pembersih tangan: Etanol, bentuk alkohol yang menyediakan bahan desinfektan mendasar untuk pembersih tangan, yang telah digunakan dalam bahan bakar roket awal. Bahan bakar 'Ecosene' Skyrora adalah jenis minyak tanah yang merupakan bahan bakar penerbangan dan roket modern yang jauh lebih umum.

Selain pembersih, saat ini Skyrora berencana memproduksi masker wajah cetak-3D, yang mungkin memiliki dampak yang menguntungkan untuk memastikan keselamatan pekerja kesehatan. Untuk produk ini tengah menguji prototipe dan akan memproduksi massal peralatan pelindung setelah pengujian tersebut memverifikasi hasilnya.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini