Adik Kim Jong-un Telah Kembali dalam Lingkaran Utama Politik Korut, Apa yang Terjadi?

Adik Kim Jong-un Telah Kembali dalam Lingkaran Utama Politik Korut, Apa yang Terjadi? Kredit Foto: MSN.com

Adik perempuan pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un telah dipulihkan kembali ke dalam badan pembuat keputusan utama. Hal itu menandai kembalinya perannya di negara yang terisolasi itu, lapor media pemerintah, Minggu (12/4/2020).

Long, salah seorang penasihat terdekat saudara laki-lakinya, Kim Yo-jong diangkat kembali sebagai anggota pengganti biro politik komite pusat dalam perombakan pejabat tinggi pada hari Sabtu (11/4/2020), menurut kantor berita resmi Korea Utara (KCNA), dikutip dari laman The Guardian, Senin (13/4/2020).

Baca Juga: Kim Jong-un dan Politbiro Korut Adakan Pertemuan Bahas "Malapetaka" Virus Corona

Pertemuan untuk memutuskan penunjukan dipimpin oleh Kim Jong-un, tambah keterangan tersebut.

Analis mengatakan Kim Yo-jong diyakini telah dihapus dari posisi tahun lalu setelah runtuhnya KTT kedua antara saudaranya dan presiden Amerika Serikat, Donald Trump, di Hanoi.

"Pemulihan ini merupakan bagian dari kebangkitan Kim Yo-jong baru-baru ini dalam hierarki utara," Ahn Chan-il, seorang pembelot dan peneliti Korea Utara di Seoul, mengatakan kepada AFP.

Kim Yo-jong berperan sebagai utusan saudara laki-lakinya ke Korea Selatan pada saat Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang pada tahun 2018, yang mengantarkan pemulihan hubungan diplomatik yang cepat di semenanjung yang terbagi.

Dia telah sering berfoto bersama dengannya di KTT dengan Trump atau presiden Korea Selatan, Moon Jae-in.

Tetapi dia hanya mulai mengeluarkan pernyataan-pernyataan penting politik langsung atas namanya sendiri bulan lalu, yang menurut para analis menyoroti peran sentralnya dalam peringkat politik utara.

Ini mengikuti pengangkatannya sebagai wakil direktur departemen pertama komite pusat partai Buruh yang berkuasa --peran utamanya di negara totaliter.

Ri Son-gwon, yang dinobatkan sebagai diplomat top Korea Utara pada Januari, juga terpilih sebagai anggota pengganti biro politik bersama dengan saudara perempuan Kim.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini