Yaampun! Mitra Adiperkasa Ditinggal Sang Presiden Komisaris, Saham MAPI Memerah Darah!

Yaampun! Mitra Adiperkasa Ditinggal Sang Presiden Komisaris, Saham MAPI Memerah Darah! Kredit Foto: Qerja.com

Perusahaan ritel milik PT Satya Mulia Gema Gemilang, yakni PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) menyatakan bahwa Mari Elka Pangestu resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden Komisaris MAPI. Pengunduran diri tersebut efektif berlaku sejak 21 Februari 2020 lalu.

Baca Juga: Beradu Otot dengan Rupiah, Dolar AS Kena Skakmat Ceunah!

Corporate Secretary MAPI, Eva Andrianie, mengungkapkan bahwa pihak perusahaan telah menerima surat pengunduran diri dari yang bersangkutan pada hari yang sama dengan tanggal efektif mundurnya Mari Eka Pangestu akhir Februari lalu. Namun, dalam keterbukaan informasi, manajemen MAPI tidak menyebutkan latar belakang pengunduran diri tersebut.

"MAPI menyampaikan bahwa pada hari Jumat, 21 Februari 2020 telah menerima surat pengunduran dri Ibu Mari Eka Pangestu dari jabatannya selaku Presiden Komisaris perusahaan efektif terhitung sejak tanggal 21 Februari 2020," jelas Eva, Jakarta, Senin (13/04/2020).

Baca Juga: Antara Dua Nasib: Emas Global yang Tekor Habis-Habisan, Emas Antam yang Berkilauan!

Sejalan dengan informasi tersebut, pergerakan saham MAPI pun menjadi sorotan bagi pelaku pasar. Dilansir dari RTI, tepat hari ini usai MAPI mengeluarkan keterbukaan informasi, saham emiten ini memerah darah hingga ke level terendah di angka Rp510 per saham.

Hingga pukul 10.57 WIB, saham MAPI masih terkoreksi sedalam -0,92% ke level Rp540 per saham. Aktivitas perdagangan sahamnya pun ramai, yakni dengan volume 6,11 juta saham MAPI diperdagangkan sebanyak 1.154 kali. Nilai transaksi harian dan nilai beli bersih atas saham MAPI masing-masing sebesar Rp3,27 miliar dan Rp586,73 juta.

Catatan Koreksi

Warta Ekonomi melakukan koreksi terhadap penulisan jabatan Mari Elka Pangestu. Sebelumnya tertuis Presiden Direktur menjadi Presiden Komisaris.

Klarifikasi Berita

Sehubungan dengan hal tersebut, terdapat sejumlah informasi yang tidak benar di dalam artikel ini, yakni:

1. Pejabat MAPI yang mengundurkan diri bukan Presdir, melainkan Presiden Komisaris.

Sebagaimana tertulis dalam Keterbukaan Informasi yang disampaikan ke Otoritas Jasa Keuangan, Ibu Mari Elka Pangestu telah efektif mengundurkan diri terhitung sejak tanggal 21 Februari 2020.

2. Pengunduran diri Ibu Mari Elka Pangestu sebagai Presiden Komisaris MAPI berkaitan dengan penunjukannya sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia. 

3. Penurunan harga saham yang terjadi sejak bulan Februari 2020 sejalan dengan ekskalasi kasus COVID-19 di Tiongkok yang meluas secara global hingga saat ini, yang berdampak juga pada IHSG yang anjlok lebih dari 36% YTD. Adapun wabah ini tidak hanya berdampak pada industri ritel, namun juga pada hampir semua sektor usaha lainnya, terutama manufaktur, perbankan, komoditas, properti, dll.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini