Dear Trump, Istri Bill Gates Punya Saran Agar AS Siap Hadapi Gelombang Ke-2 Corona, Catat!

Dear Trump, Istri Bill Gates Punya Saran Agar AS Siap Hadapi Gelombang Ke-2 Corona, Catat! Kredit Foto: Instagram/thisisbillgates

Istri dari miiarder Bill Gates, Melinda Gates mencoba memprediksi prospek dan jadwal pembuatan vaksin virus corona yang efektif.

Menurutnya, butuh waktu sekitar 18 bulan untuk membuat vaksin corona tersedia secara luas. Itupun, jika upaya pengembangan vaksin potensial berhasil.

"Dunia membutuhkan vaksin dalam skala massal untuk bisa kembali pulih (dari virus corona). Jangka waktu yang realistis adalah sekitar 18 bulan, waktu yang sama untuk membuat vaksin Ebola," kata Melinda Gates kepada Business Insider, dilansir Senin (13/4/2020).

Baca Juga: Pro Kontra Herd Immunity, Istri Bill Gates: Banyak Orang Akan Mati

Menurut Melinda Gates, vaksin harus lebih dulu diberikan kepada petugas kesehatan, kemudian kelompok berisiko tinggi demi bisa mendistribusikannya secara massal ke berbagai negara dan komunitas.

Ia menambahkan, "apa yang dilakukan AS saat ini, mengadu domba satu sama lain demi persediaan dan membiarkan orang kaya mendapatkan akses tes lebih dulu, akan menjadi bencana bagi peluncuran vaksin."

Pengujian massal terhadap orang dengan mobilitas tinggi serta mendata masyarakat yang sudah diuji dan lokasinya, serta memastikan ketersediaan vaksin sangat penting untuk menghadapi gelombang kedua virus corona pada musim gugur, menurut Melinda Gates.

Tak cuma corona, langkah-langkah itu juga berguna untuk menghadapi risiko pandemi lain di masa depan. "Secara mutlak, akan ada lebih banyak pandemi dalam hidup kita. Virus corona bukanlah kejadian sekali dalam seabad seperti flu Spanyol," tambah istri Bill Gates itu.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini