Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tips dan Trik Berbisnis Selama Ramadan di Tengah Pandemi

Tips dan Trik Berbisnis Selama Ramadan di Tengah Pandemi Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Moka, startup penyedia layanan kasir digital, menghadirkan data dan wawasan terkini mengenai bisnis di bulan Ramadan di tengah pandemi Covid-19. Paparan data dan diskusi interaktif ini memberikan tiga gambaran utama untuk bisnis, yaitu tradisi belanja industri F&B, ritel dan jasa di Ramadan, antisipasi dan strategi brand di tengah krisis Covid-19, serta perubahan perilaku konsumen akibat Covid-19. 

Selama pandemi Covid-19, penurunan pendapatan harian di berbagai industri bisnis tidak dapat dihindari. Tercatat pada industri F&B, pendapatan harian bisnis turun hingga lebih dari 40%, bahkan satu dari tiga bisnis F&B di Indonesia menunjukkan penurunan signifikan saat Covid-19. Di balik itu, data Moka menunjukkan penggunaan jasa layanan antar meningkat hingga 30%.

Jika melihat dari tren konsumsi di Ramadan sebelum krisis pandemi, terjadi peningkatan sebanyak 67% dari jumlah gerai F&B yang beroperasi di antara jam 2-4 pagi. Dalam jangka waktu ini, konsumen cenderung memilih makanan praktis untuk sahur dan membeli hidangan grup hingga lima produk per transaksi.

Baca Juga: Dipukul Covid-19 Habis-habisan, 10 Sektor Bisnis Ini Paling Babak Belur

Pada industri ritel fesyen, terjadi peningkatan jumlah pendapatan hingga 50%, di mana tiga item terpopuler yang terjual selama Ramadan adalah tunik, hijab, dan gamis yang berangsur-angsur menurun kembali setelah Ramadan usai.

Berbeda dengan industri ritel, jasa kecantikan justru meningkat pendapatannya hingga 54% satu bulan setelah Ramadan. Hal itu menunjukkan pola bahwa masyarakat seringkali melakukan perawatan kecantikan setelah Ramadan usai.

Meskipun pola konsumsi akan berbeda karena adanya pandemi Covid-19, bukan berarti tren Ramadan tahun lalu bisa kita hiraukan sepenuhnya. Hutami Nadya, Data Analyst Moka, menjelaskan bahwa salah satu strategi yang dapat difokuskan adalah pembelanjaan online.

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: