Astronom Identifikasi Ledakan Bintang Berkekuatan Paling Besar yang Pernah Ada

Astronom Identifikasi Ledakan Bintang Berkekuatan Paling Besar yang Pernah Ada Kredit Foto: NASA

Sebuah tim gabungan ilmuwan berhasil mengidentifikasi supernova dengan energi paling tinggi dari sebuah bintang sangat masif. Ini merupakan ledakan bintang paling besar yang pernah direkam, demikian laporan penelitian yang dirilis Senin (13/4/2020) lalu.

Para pakar astronomi meyakini, supernova ini berasal dari fusi alias peleburan dua bintang masif, karena sangat tingginya volume hidrogen yang terkandung dalam awan ledakan. Fenomena alam semesta semacam itu, sejauh ini hanya eksis dalam teori dan belum pernah dikonfirmasi lewat observasi astronomi, papar para peneliti.

Baca Juga: Wow! Tak Disangka Peminat Wisata Luar Angkasa Jumlahnya Membludak hingga Ribuan

Ledakan bintang paling masif

Tim para pakar astronomi, yang diokoordinir University of Birmingham di Inggris dan Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics di Amerika Serikat, mengamati ledakan bintang itu selama dua tahun dan melaporkan temuannya dalam jurnal ilmiah Nature Astronomy.

Supernoya yang diberi nama SN2016aps itu menurut para ilmuwan menunjukkan contoh fenomena "pair-instability supernova" yakni proses ketidakseimbangan produksi dan absorspi energi sinar gamma yang sangat jarang terjadi.

"Bintang yang punya massa sangat besar, biasanya melakukan denyutan sangat dahsyat dan melontarkan selubung gas raksasa, beberapa tahun sebelum meledak dan mati. Hal ini bisa digerakkan oleh proses yang disebut pair instability, yang jadi topik spekulasi dalam fisika sejak 50 tahun terakhir," kata Dr. Matt Nicholl dari School of Physics and Astronomy and the Institute of Gravitational Wave Astronomy di Birmingham yang memimpin tim penulis laporan ilmiah itu.

"Jika supernova mencapai saat yang tepat, ledakannya bisa mengejar selubung gas raksasa dan melepaskan energi dalam jumlah besar saat bertabrakan. Kami pikir ini adalah salah satu kandidat paling menarik untuk proses ini yang belum pernah diamati, dan mungkin juga yang paling masif," jelas Nicholl.

Berdasarkan riset itu, supernova tersebut punya kekuatan 10 kali lipat lebih besar dari supernova normal dan punya kecemerlangan 500 kali lipatnya. Menimbang besaran energi dan kecemerlangan yang sangat impresif , ini merupakan fenomena spektakuler.