Yakin Covid-19 Segera Sirna, BI: Dana Asing Banjiri Lagi Indonesia

Yakin Covid-19 Segera Sirna, BI: Dana Asing Banjiri Lagi Indonesia Kredit Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay

Bank Indonesia (BI) meyakini dana asing akan kembali masuk usai Covid-19 mereda. Bahkan, meski saat ini penyebaran Covid-19 belum mereda, investor tetap percaya dengan kondisi pasar keuangan dan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan aliran dana asing yang masuk (capital inflow).

"Selama satu minggu terakhir, khususnya periode 14-16 April 2020, terjadi aliran masuk modal asing (inflow) masing-masing sebesar Rp0,7 triliun (14/4), Rp0,2 triliun (15/4), Rp2 triliun (16/4), inflow sebagian sebesar ke SBN," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo di Jakarta, Jumat (17/4/2020).

Baca Juga: Di Balik Kestabilan Rupiah, Bos BI Buka-bukaan...

Perry menuturkan, secara historis periode 2011–2019 di Indonesia, outflow relatif kecil dalam periode yang pendek dan diikuti dengan inflow yang besar dalam periode yang panjang. Data menunjukkan rata-rata outflow SBN sebesar Rp29,2 triliun dalam waktu empat bulan, diikuti inflow SBN sebesar Rp229,1 triliun dalam waktu 21 bulan.

Hal tersebut mendasari keyakinan bahwa meskipun saat ini terjadi outflow sebagai dampak dari Covid-19, BI meyakini usai Covid-19, akan terjadi inflow yang lebih besar dalam periode waktu yang lebih lama.

"Itu mendasari keyakinan kami bahwa periode Covid-19 memang terjadi outflow, tapi setelah Covid-19 mereda akan ada inflow jauh lebih besar dan periode yang lebih lama," tukas Perry.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini