Bu Gubernur Jatim Resmi Ajukan PSBB ke Menkes

Bu Gubernur Jatim Resmi Ajukan PSBB ke Menkes Kredit Foto: Mochamad Ali Topan

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa telah mengirim surat permohonan penetapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Surabaya Raya ke Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

"Surabaya Raya meliputi tiga daerah, yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik. Surat sudah kami kirimkan dan sekarang menunggu keputusannya," ujar Khofifah di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Senin malam.

Baca Juga: Jokowi Evaluasi PSBB, Eh Gubernur Jakarta Minta...

Menurut dia, Kota Surabaya menjadi episentrum penyebaran COVID-19 di Jatim, sedangkan Sidoarjo dan Gresik merupakan wilayah penyangga Surabaya, bahkan mengalami tren kenaikan pasien positif lantaran memiliki pola interaksi kewilayahan sangat erat.

PSBB di tiga daerah tersebut telah sesuai kesepakatan dan hasil Rapat koordinasi yang melibatkan pejabat Forkopimda Jatim maupun Forkopimda dari tiga daerah pada Minggu (19/4).

Dalam rakor tersebut juga dibahas tentang pasokan logisik, sarana kesehatan dan jaminan sosial saat PSBB diterapkan, termasuk menyediakan jaring pengaman sosial yakni bantuan sosial (bansos).

"Jika PSBB Jatim ini berjalan baik maka penanganan pandemik COVID-19 menjadi lebih terintegrasi dan memudahkan pemerintah dalam mengendalikannya," ucap orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini