Menelisik Para Pewaris Takhta Korea Utara Jika Kim Jong-un Mangkat, Siapa Saja?

Menelisik Para Pewaris Takhta Korea Utara Jika Kim Jong-un Mangkat, Siapa Saja? Kredit Foto: Reuters/KCNA

Misteri seputar kesehatan Kim Jong-un memunculkan ketidakpastian yang mendalam tentang garis suksesi Korea Utara lebih dari delapan tahun setelah ia berkuasa.

Sementara keluarga Kim telah memerintah selama tujuh dekade dengan memberikan kekuasaan di antara pewaris laki-laki seperti dinasti turun-temurun lainnya, Kim yang berusia 36 tahun tidak memiliki nama pengganti.

Anak-anaknya sendiri masih muda dan orang dewasa keluarga yang berkuasa yang masih hidup semua menghadapi hambatan potensial untuk kebangkitan mereka.

Baca Juga: Media Pemerintah Korut 'Membeku' Usai Muncul Rumor Soal Kesehatan Kim Jong-un

Berikut adalah beberapa kemungkinan penggantinya:

Kim Yo-jong, Adik perempuan

Sebagian perwakilan negara dan sebagian asisten pribadi, Kim Yo-jong telah muncul sebagai salah satu pembantu terdekat kakaknya.

Awal bulan ini, ia diangkat kembali sebagai anggota Politbiro alternatif dari Partai Buruh Korea Utara yang berkuasa. Dengan demikian, dia adalah satu-satunya anggota keluarga Kim dengan kekuatan nyata dalam rezim.

Meskipun dia menjadi anggota pertama keluarga yang berkuasa untuk mengunjungi Seoul dan menemani Kim Jong-un dalam pertemuan puncaknya dengan Presiden AS Donald Trump dan Xi Jinping dari China, ia juga melakukan tugas-tugas biasa, seperti membantu pemimpin memadamkan rokok selama perhentian kereta di China.

Apakah elit patriarkal Korea Utara akan mendukung seorang wanita muda menjadi "pemimpin tertinggi" negara itu selanjutnya, jawabannya tidak jelas.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini