5 Inovasi Digital Biar Bisnis Survive di Tengah Pandemi Covid-19

5 Inovasi Digital Biar Bisnis Survive di Tengah Pandemi Covid-19 Kredit Foto: Unsplash/rawpixel

Pandemi Covid-19 membuat banyak sektor industri harus memutar otak agar tetap bisa bertahan. Managing Partner Inventure Yuswohady mengatakan bahwa saat ini bisnis sedang memasuki fase bertahan hidup di tengah pencarian titik keseimbangan baru.

Dalam bertahan hidup, perusahaan juga dipaksa melakukan sejumlah inovasi untuk bertahan hidup. Yuswohady menyebutkan ada lima inovasi digital dari total 50 inovasi yang diciptkan selama pandemi Covid-19.

Baca Juga: Sujud Syukur, Kasus Covid-19 di Wilayah Anies Turun Drastis!

1. Virtual Music Concert

Pascapandemi Covid-19, mungkin sudah tidak ada lagi konser musik massal di stadion dengan ribuan pengunjung, digantikan oleh virtual music concert. Perubahan perilaku terjadi karena masyarakat akan melakukan self-distancing dengan menghindari aktivitas-aktivitas yang melibatkan kerumunan massa.

Merespons tren ini, platform digital vidio.com dan Resso berkolaborasi untuk menggelar virtual concert menampilkan Raisa, Ran, dan musisi lokal lainnya. Minggu lalu Global Citizen menggalang dana melalui virtual music concert bertajuk One World: Together at Home menampilkan musisi top dunia, mulai dari Rolling Stone hingga Billy Eilish.

"Pascawabah Covid-19, survival innovation yang mengusung digital experience ini bakal menjadi new normal di industri musik. Masyarakat lebih memilih menonton konser secara virtual ketimbang fisik karena alasan keamanan," ujar Yuswohady, Senin (27/4/2020).

"Survival innovation jenis ini sangat menarik karena memanfaatkan platform kolaborasi dan kokreasi untuk menciptakan layanan baru yang sangat dibutuhkan konsumen. Ada dua advantages yang didapat melalui langkah inovatif ini. Pertama, mendorong penjualan. Kedua, mempererat hubungan dan loyalitas merchants," lanjutnya.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini