Gelar Daerah Perencanaan Pembangunan Terbaik Jatuh pada Wilayah Ganjar

Gelar Daerah Perencanaan Pembangunan Terbaik Jatuh pada Wilayah Ganjar Foto: Sufri Yuliardi

Kementerian PPN/Bappenas menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2020 untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2021 dengan mengusung tema Mempercepat Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Sosial.

Dalam kegiatan tersebut, Kementerian PPN/Bappenas kembali memberikan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) kepada pemerintah daerah dengan perencanaan pembangunan terbaik.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkapkan penilaian menggunakan metode kualitatif kuantitatif yang dilakukan secara kolektif dan berjenjang dengan melibatkan ahli lintas bidang.

Baca Juga: Secara Virtual, Bappenas Gelar Musrenbangnas 2020

"PPD diberikan kepada tiga provinsi terbaik, tiga kabupaten terbaik dan tiga kota terbaik," kata dia di Jakarta, Kamis (30/4/2020).

Untuk peraih PPD kategori perencanaan dan pencapaian terbaik di tingkat provinsi predikat pertama diraih oleh wilayah pimpinan Ganjar Pranowo, Jawa Tengah. Sedangkan Bengkulu mendapatkan predikat terbaik kedua dan Jawa Timur mendapatkan predikat terbaik ketiga.

Adapun PPD kategori perencanaan dan pencapaian terbaik di tingkat Kabupaten, predikat pertama diraih oleh Kabupaten Temanggung, predikat terbaik kedua diraih oleh Kabupaten Poso, dan predikat terbaik ketiga diraih oleh Kabupaten Bangka.

Sedangkan kategori terakhir, yaitu perencanaan dan pencapaian terbaik di tingkat kota, predikat terbaik pertama diraih oleh Kota Semarang, predikat terbaik kedua diraih oleh Kota Yogyakarta, dan predikat terbaik ketiga diraih oleh Kota Padang.

Pengumuman pemenang PPD ini disaksikan secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo melalui video conference Musrenbangnas 2020.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini