Portal Berita Ekonomi Minggu, 31 Mei 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief

Tak Merugikan Negara, Emirsyah Satar Minta Keringanan Hukuman

Tak Merugikan Negara, Emirsyah Satar Minta Keringanan Hukuman
WE Online, Jakarta -

Tidak ada kerugian negara di Garuda, dan justru Garuda berhasil meraih keuntungan dan selamat dari kebangkrutan, dan semua saksi menyatakan tidak ada intervensi yang dilakukan oleh Emirsyah Satar dalam pengadaan di Garuda. Emirsyah Satar sambil menyampaikan permohonan maaf atas kekhilafan yang dilakukan meminta keringanan hukuman yang seadil-adilnya kepada Majelis Hakim, atas tuntutan yang disampaikan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

 

Perkara menyangkut Rolls Royce di Inggris yang diinvestigasi oleh Serious Fraud Office (SFO) dinyatakan telah ditutup karena tidak terdapat cukup bukti dan tidak sesuai kepentingan publik.

 

Demikian antara lain pembelaan (pledoi) yang disampaikan oleh mantan direktur utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar dalam sidang penyampaian pledoi (pembelaan) yang dilaksanakan secara online hari Kamis, 30 April 2020.

 

Baca Juga: Emirsyah Satar Dituntut 12 Tahun Penjara

 

Dalam salah satu bagian pembelaan yang disampaikan, Emirsyah Satar seperti yang disampaikan oleh para saksi menegaskan bahwa ia tidak pernah mengintervensi atau mengarahkan pengadaan di PT Garuda Indonesia, dan ia sama sekali tidak mengetahui dan bermaksud untuk melakukan pencucian uang.

 

Keputusan pengadaan di Garuda sudah selalu diambil Dewan Direksi berdasarkan usulan dari tim dalam forum rapat resmi, serta sudah dimintakan persetujuan kepada Dewan Komisaris karena semua berkomitmen untuk membesarkan Garuda.

 

Jadi tidak benar bahwa pengadaan sudah merugikan Garuda atau inefisien. Sebab seluruh proses yang dilakukan, justru membuat Garuda selalu mendapatkan harga yang lebih murah dan keuntungan, sehingga dapat dipastikan tidak ada kerugian negara dalam kasus ini.

 

Baca Juga: Transaksi Jual Beli Apartemen Emirsyah Satar di Singapura Diklaim Normal dan Wajar

 

Beberapa keuntungan yang didapatkan Garuda antara lain cash back Engine Concession dari Rolls Royce senilai USD 26,6 juta per pesawat yang dibeli dan menggunakan mesin Rolls Royce serta diskon dari Airbus sebesar 54% dan dari Rolls Royce sebesar s 72% untuk tiap unit pesawat Airbus A-330,.sehingga harga pesawat A-330 yang didapatkan Garuda adalah USD 81,32 juta, jauh di bawah harga tanpa diskon senilai USD 171,94 juta.

 

Emirsyah Satar juga menyampaikan penyesalannya atas kasus yang terjadi ketika ia menyampaikan, apabila waktu dapat diputar kembali, maka ia akan memilih untuk tidak menjabat sebagai Direktur Utama Garuda, karena kekhilafan yang dilakukannya telah mengecewakan seluruh rakyat Indonesia dan khususnya keluarga serta kerabatnya, serta harus kehilangan isteri tercinta dan membuat keluarga menanggung malu. 

 

Pada tahun 2005, Emirsyah Satar diminta oleh Menteri BUMN, Sugiharto untuk kembali ke Garuda dan menyelamatkannya dari ambang kebangkrutan. Saat itu, Emirsyah Satar sudah nyaman dengan kedudukannya sebagai Wakil Direktur Utama Bank Danamon. Setelah tiga kali diminta oleh Menteri BUMN, maka dengan semangat ingin berbakti  kepada negara dan mengembangkan Garuda menjadi perusahaan kelas dunia, akhirnya Emirsyah Satar menerima tawaran tersebut.

 

Garuda pada tahun 2005 berada dalam keadaan nyaris bangkrut. Tidak seperti pada saat jayanya dengan nilai Milyaran Dollar dan mampu IPO di tahun 2011 dengan valuasi perusahaan senilai US$ 1,8 Milyar atau Rp 18 Triliun dimana negara  mendapatkan Rp 4,7 Triliun dengan melepas 26% saham ketika IPO.  

 

Pada tahun 2005 tersebut, hutang Garuda mencapai USD 800 juta dan kas perusahaan tidak cukup menutupi operasional, termasuk membayar gaji karyawan, serta kreditur mengancam menyita pesawat, artinya nilai Garuda negatif. Di lain sisi, utilisasi pesawat tidak optimal karena sistem perawatan mesin tidak efisien dan mahal, mengakibatkan "tingkat ketepatan penerbangan" (on-time performance) jelek, yang berarti pesawat Garuda sering mengalami delay.

 

Melalui program transformasi "Quantum Leap" yang dilaksanakan Emirsyah Satar selama kepemimpinannya di Garuda, selain berhasil membawa Garuda menjadi airlines yang kembali meraih keuntungan, Emirsyah Satar juga menjadikan Garuda airline kelas dunia, dimana Garuda berhasil menjadi "airline bintang lima" (5 star-airlines), "10 penerbangan terbaik dunia", Garuda menjadi airline dengan awak kabin terbaik (world's best cabin crew), world's best economy class, Garuda menjadi penerbangan Indonesia pertama yang mendapat standard safety internasional - IOSA (international operational safety audit) dan Garuda berhasil menjadi anggota aliansi penerbangan internasional "Skyteam" - bersama 19 penerbangan dunia lainnya.

 

Baca Juga: Saksi Sebut Rumah di Pondok Indah Milik Ibu Mertua Emirsyah Satar

 

Emirsyah Satar dalan pledoinya juga memohon maaf atas kekhilafannya dan siap bertanggung jawab tetapi ia menyatakan tidak semua yang dijatakan dalan Surat Tuntutan adalah benar sehingga ia memohon keringanan hukuman.

 

Emirsyah Satar mengaku tidak mengetahui dan tidak bermaksud melakukan pencucian uang dan tidak pernah menitipkan uang kepada Soetikno Soedarjo, selain itu ia juga menyatakan tidak melakukan back to back loan sebagaimana dituduhkan, karena rumah di Permata Hijau yang ditempatkan sebagai jaminan kredit di bank adalah harta yang sah dan sudah dia beli tahun 2004 sebelum menjabat di Garuda sehingga tidak benar rumah itu adalah hasil tukar tanah maupun dibeli menggunakan fee dari pengadaan di Garuda.

 

Sedangkan jual beli apartemen Silversea di Singapura antara Emirsyah Satar dengan Soetikno adalah transaksi riil bukan transaksi fiktif, semua pembayaran biaya perawatan dan penerimaan uang sewa apartemen dilakukan Soetikno Soedarjo dan apartemen tersebut sudah dikeluarkan Emirsyah dari LHKPN-nya.

Baca Juga

Tag: Emirsyah Satar, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk

Penulis/Editor: Annisa Nurfitriyani

Foto: Sufri Yuliardi

loading...
Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,942.14 3,901.87
British Pound GBP 1.00 18,246.26 18,063.24
China Yuan CNY 1.00 2,070.20 2,049.34
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,806.67 14,659.34
Dolar Australia AUD 1.00 9,828.67 9,729.40
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,909.87 1,890.84
Dolar Singapura SGD 1.00 10,467.04 10,359.23
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,417.64 16,248.41
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,407.75 3,369.19
Yen Jepang JPY 100.00 13,785.19 13,645.48
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 4753.612 37.427 692
2 Agriculture 964.931 -6.866 22
3 Mining 1238.201 -5.085 49
4 Basic Industry and Chemicals 745.733 20.935 78
5 Miscellanous Industry 858.396 28.927 52
6 Consumer Goods 1806.725 -11.041 58
7 Cons., Property & Real Estate 322.957 -4.552 90
8 Infrastruc., Utility & Trans. 864.084 3.083 78
9 Finance 962.515 13.502 93
10 Trade & Service 606.633 2.757 172
No Code Prev Close Change %
1 KRAH 416 510 94 22.60
2 AKSI 96 117 21 21.88
3 WINS 63 73 10 15.87
4 DIVA 815 940 125 15.34
5 IKBI 210 240 30 14.29
6 AHAP 50 57 7 14.00
7 PDES 360 410 50 13.89
8 DMMX 80 91 11 13.75
9 AMAR 175 195 20 11.43
10 DUCK 422 470 48 11.37
No Code Prev Close Change %
1 SINI 860 800 -60 -6.98
2 BRNA 1,075 1,000 -75 -6.98
3 MLPT 575 535 -40 -6.96
4 PTBA 2,090 1,945 -145 -6.94
5 CASS 202 188 -14 -6.93
6 SIPD 1,300 1,210 -90 -6.92
7 TBLA 535 498 -37 -6.92
8 DSSA 20,975 19,525 -1,450 -6.91
9 POLA 58 54 -4 -6.90
10 GGRP 290 270 -20 -6.90
No Code Prev Close Change %
1 BBRI 2,730 2,950 220 8.06
2 PURA 75 75 0 0.00
3 TLKM 3,130 3,150 20 0.64
4 BBCA 26,475 25,950 -525 -1.98
5 ICBP 8,325 8,150 -175 -2.10
6 BBNI 3,660 3,830 170 4.64
7 BMRI 4,290 4,470 180 4.20
8 ASII 4,540 4,770 230 5.07
9 PWON 376 362 -14 -3.72
10 KLBF 1,355 1,415 60 4.43