Survei Jenius: 91% Masyarakat Tidak Mudik Tahun Ini

Survei Jenius: 91% Masyarakat Tidak Mudik Tahun Ini Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Untuk melihat perilaku digital savvy dalam menjalani Ramadan dan mempersiapkan Idulfitri di tengah pandemi Covid-19, Jenius melakukan survei independen bertajuk Jenius Study: Indonesian Digital Savvy Behavior During Ramadan 2020 pada 468 digital savvy Indonesia selama bulan April hingga Mei 2020.

Hasil survei menunjukkan bahwa 94% masyarakat digital savvy Indonesia merasakan perubahan kebiasaan selama Ramadan tahun ini. Perubahan tersebut meliputi menjalani Ramadan di rumah (66%), membatalkan rencana bersama keluarga dan teman (23%), dampak ekonomi (8%), dan tidak keluar rumah (4%).

Baca Juga: 7 Travel Diciduk Polisi saat Mau Bawa Pemudik ke Jateng

"Lima kegiatan paling sering dilakukan saat Ramadan kali ini adalah beribadah di rumah (78%), menonton film (71%), video call dengan keluarga & kerabat (56%), memesan makanan dengan layanan pesan antar (46%), dan berdonasi (18%)," ungkap hasil survei tersebut yang diterima Warta Ekonomi di Jakarta, Kamis (14/5/2020).

Lebih lanjut lagi, lima kegiatan finansial paling sering dilakukan selama Ramadan kali ini adalah menabung (76%), berbelanja online (71%), membayar tagihan (69%), membeli makanan dengan layanan pesan antar (55%), dan top up e-Wallet (52%).

Selain itu, 91% masyarakat tidak melakukan tradisi mudik pada tahun ini. Adapun tiga aktivitas yang akan dilakukan ketika tidak menjalani tradisi mudik adalah video call dengan keluarga dan kerabat (51%), menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah (42%), dan mengunjungi tetangga terdekat (5%).

Dalam merayakan Idulfitri tahun ini pun sedikit berbeda, lima kegiatan yang akan dilakukan ketika Idulfitri antara lain tetap di rumah bersama keluarga (92%), beribadah di rumah (57%), menonton film bersama (46%), membeli makanan dengan layanan pesan antar (38%), dan berbelanja online (8%). 

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini