Pasien Positif di Wilayah Ini Terus Berkurang, Bahkan Hanya Tinggal 2 Orang di Rumah Sakit . . . .

Pasien Positif di Wilayah Ini Terus Berkurang, Bahkan Hanya Tinggal 2 Orang di Rumah Sakit . . . . Foto: Shutterstock/F Rahman

Total pasien positif corona di Aceh mulai berkurang. Bahkan, pasien positif yang tengah dirawat di Rumah Sakit Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh tinggal dua orang, per Jumat (15/5/2020) malam.

Juru Bicara Covid-19 Aceh Saifullah Abdulgani membenarkan, sejak Jumat, 15 Mei 2020, ada dua pasien yang dinyatakan sembuh dari virus corona, setelah hasil swab mereka dinyatakan negatif Covid-19.

“Alhamdulillah, hasil uji swab terakhir dengan real time polymerase chain reaction (RT-PCR) oleh Balai Litbangkes Aceh yang kami terima, SK dan SB sudah negatif virus corona,” ujar Saifullah saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Ada Tambahan Rata-Rata 500 Pasien per Hari, Wisma Atlit Butuh Bantuan APD dengan Standar Nasional

Kedua pasien yang dinyatakan sembuh berasal dari Gayo Lues berinisial SK (18 Tahun), seorang santri Pondok Pesantren Alfatah Temboro, Magetan, Jawa Timur, dan berinisial SB (42 Tahun), warga Kabupaten Simeulue, yang memiliki riwayat perjalanan dari Jawa Barat.

Namun, di hari yang sama, petugas juga menerima hasil positif corona seorang pasien dari Klaster Temboro, Magetan, asal Kabupaten Bener Meriah berinisial AR (13 tahun).

Meski AR tidak menunjukkan gejala dan hasil rapid test sebanyak dua kali juga nonreaktif, tetap diambil cairan tenggorokan dan cairan hidungnya untuk diperiksa dengan RT-PCR. Pemeriksaan itu tetap diberlakukan karena ia dari Klaster Temboro dan memiliki kontak erat dengan pasien corona lainnya. 

“Ternyata, swab yang diambil terkonfirmasi positif Covid-19. Kasus positif Covid-19 tersebut membuktikan OTG di sekitar kita merupakan pembawa virus dan aktif menularkan,” ujarnya.

Dengan demikian, kasus baru corona berinisial AR itu menambah jumlah kumulatif kasus virus corona di Aceh menjadi sebanyak 18 orang. Rinciannya, sebanyak 2 orang dalam perawatan, 15 orang sudah sembuh, dan 1 orang meninggal dunia.

Sementara itu, jumlah Orang dalam Pemantauan (ODP) di Aceh sebanyak 1.975 orang. Ada penambahan  9 orang dibandingkan sehari sebelumnya. Yang sedang dalam pemantauan sebanyak 72 orang dan yang sudah selesai pemantauan sebanyak 1.903 orang.

Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bertambah sebanyak 1 kasus menjadi 99 orang. Rinciannya, dalam perawatan rumah sakit sebanyak 1 orang, yang sembuh 97 orang dan meninggal 1 orang.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini