Orang Rimba dan PT SAL Sepakat Berdamai, Pemerintah Bantu Bangun Rumah

Orang Rimba dan PT SAL Sepakat Berdamai, Pemerintah Bantu Bangun Rumah Kredit Foto: Antara/FB Anggoro

Sejumlah pihak mengatakan perselisihan yang terjadi antara kelompok Suku Anak Dalam (SAD) atau biasa disebut Orang Rimba dengan perusahaan sawit PT SAL di Kabupaten Merangin, Jambi telah selesai. Keduanya kini bisa dikatakan sudah hidup berdampingan dengan harmonis.

Kapolsek Tabir Selatan Iptu Sejati juga mengingatkan Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi sebagai lembaga pendampingan masyarat di dalam dan sekitar kawasan hutan harus bertindak benar dalam mendampingi Orang Rimba di Jambi.

"Seharusnya KKI Warsi membantu Orang Rimba untuk memahami hukum dan bukan sebaliknya menyebarkan pemberitaan yang menyesatkan dan memperkeruh suasana," kata Sejati menanggapi penyelesaian perselisihan antara Orang Rimba kelompok Sikar di Sungai Mendelang, Kecamatan Tabir Selatan, Kabupaten Merangin dengan PT SAL baru-baru ini.

Baca Juga: Suku Ini Belum Terjamah Covid-19, Apa Rahasianya?

Dalam kesempatan itu, Sejati juga menyayangkan ketidakhadiran perwakilan KKI Warsi dalam kesepakatan damai itu.

Sebelumnya, marak sejumlah media menyebutkan terjadi konflik antara perusahaan perkebunan sawit di Jambi dengan salah satu kelompok Orang Rimba. Kisruh itu dipicu oleh pernyataan pers yang disebarkan oleh KKI Warsi yang dikenal sebagai LSM antisawit.

Sejati menambahkan, dalam kesepakatan damai itu, dua perwakilan Tumenggung, yakni Sikar dan Pakjang, secara terbuka meminta maaf atas pemukulan yang dilakukan anggotanya terhadap Satpam PT SAL I Hitam Ulu. Mereka telah meminta maaf dan berjanji untuk membina warganya agar tidak melakukan tindak pidana maupun tindakan lain yang meresahkan masyarakat.

Sejati juga mengklarifikasi bahwa berdasarkan fakta di lapangan tidak terjadi penyerangan. Faktanya, justru  berbeda. Sebanyak delapan Orang Rimba menyerang dan memukul tiga satpam perusahaan ketika diimbau agar tidak mengambil berondolan di area kebun inti perusahaan.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini