Portal Berita Ekonomi Senin, 25 Mei 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief

Belum Menyerah, Kalbe Farma Tak Mau Buru-buru Ubah Target

Belum Menyerah, Kalbe Farma Tak Mau Buru-buru Ubah Target
WE Online, Jakarta -

PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) belum mau menyerah dengan virus corona (Covid-19) yang menghantam perekonomian Indonesia bahkan dunia. Pasalnya, perseroan hingga saat ini belum merubah target penjualan bersih sebesar 6%-8%, dengan proyeksi pertumbuhan laba bersih sekitar 5%-6% pada 2020. 

 

“Ini masil terlalu awal untuk mereview target kami, karena belum tau kapan covid akan berakhir. Jadi kami masih wait and see dan monitor apa yang terjadi. Mungkin Juli kami akan lihat kembali targetnya,” ujar Direktur Utama Kalbe Farma, Vidjongtius, dalam konferensi pers virtual, di Jakarta, Senin (18/5/2020). 

 

Baca Juga: Buat Vaksin Covid-19, Kalbe Farma Cari Mitra ke China Hingga Eropa

 

Memang, lanjut  Vidjongtius, pada kuartal pertama tahun ini mencatat laba bersih Rp669,3 miliar pada kuartal pertama, jika dibandingkan secara year on year (yoy) periode yang sama tahun 2019 laba bersih tumbuh 12,5% dari Rp559,1 miliar. Dimana, penjualan bersih sebesar Rp5,79 triliun atau meningkat sebesar 8% dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar Rp5,36 triliun. 

 

“Kami perkirakan masuk di kuartal II dampak mulai terasa, dari data lapangan misalnya jumlah pasien reguler yang ke RS mengalami penurunan, dan mobilitas reatif terbatas, jadi makanan dan minuman kita ada dampaknya yang berkaitan dengan pariwisata ada dampaknya,” jelasnya. 

 

Baca Juga: Kalbe Farma Bakal Tebar Dana Ratusan Miliar, Pemegang Saham Dapat Rezeki Nomplok di Tengah Pandemi

 

Malahan, pihaknya memperkirakan jika pada kuartal kedua tahun ini kemungkinan kinerja perseroan akan mengalami penurunan yang cukup tajam. Oleh karena,perseroan pun tengah mengembangkan produksi serta mencari cara baru untuk memasarkan produknya. 

 

“Skenario terburuk akan negatif, tapi kami manfaatkan platform digital ini jadi alternatif karena banyak costumer yang stay at home. Jadi kami manfaatkan teknologi informasi dan platform yg ada di pasar itu alternatif yang sangat baik, responnya pun sanga baik. Ini yang kami kerjakan supaya dampak covid lebih rendah,” imbuhnya.

 

Namun, peningkatan penjualan yang cukup pesat terjadi pada vitamin dan suplemen perseroan naik hingga di atas 100%. Meski kontribusi produk tersebut masih sangat kecil, tapi perseroan berharap dengan adanya perubahan pola hidup masyarakat yang lebih peduli kesehatan akan semakin meningkatkan penjualan. 

 

“Potensi ke depan, dengan health awarness makin tinggi, seperti jahe merah, suplemen, vitamin c, kita percaya kontribusi grup ini lebih besar. Untuk 1-2 tahun ini tidak lagi single digit tapi jadi 2 digit. Kita lihat masyarakat aware kesehatan sesimple cuci tangan, lifestyle dijaga dan olahraga. Saya percaya dampak postif akan makin banyak,” pungkas Vidjongtius. 

Baca Juga

Tag: PT Kalbe Farma Tbk, Emiten, Farmasi

Penulis/Editor: Annisa Nurfitriyani

Foto: Annisa Nurfitriyani

loading...
Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,957.63 3,914.08
British Pound GBP 1.00 18,221.51 18,037.26
China Yuan CNY 1.00 2,092.28 2,070.58
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,858.93 14,711.08
Dolar Australia AUD 1.00 9,722.20 9,623.99
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,917.21 1,898.11
Dolar Singapura SGD 1.00 10,485.45 10,378.92
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,255.67 16,089.51
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,414.28 3,374.10
Yen Jepang JPY 100.00 13,790.19 13,650.44
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 href="Download_Data/" />Download_Data/ - Aug
2 href="Market_Summary/" />Market_Summary/ - Dec
3 href="MockTestReportingDRC/" />MockTestReportingDRC/ - Nov
4 href="PSPNDC/" />PSPNDC/ - Mar
No Code Prev Close Change %
1
2 f(n)
3 =
4
5
6
7
8
9 id="container">
10
No Code Prev Close Change %
1
2 f(n)
3 =
4
5
6
7
8
9 id="container">
10
No Code Prev Close Change %
1
2 f(n)
3 =
4
5
6
7
8
9 id="container">
10