Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

3.500 Ton Perak yang Dibeli Warren Buffett Antar Pria Ini Jadi Miliarder

3.500 Ton Perak yang Dibeli Warren Buffett Antar Pria Ini Jadi Miliarder Kredit Foto: Investors
Warta Ekonomi, Jakarta -

Miliarder investor kelas kakap yang pandai berinvestasi, Warren Buffett pada tahun 1997 sempat membuat langkah yang mengejutkan banyak. Bagaimana tidak, saat itu ia membeli 111 juta ons atau hampir 3.500 ton perak. Padahal saat itu harga perak sedang jatuh-jatuhnya.

Pemilik perusahaan Apex Silver Mines, Thomas Kaplan pun menjadi miliarder. Saat itu, Kaplan masih berusia 30 tahun dengan gelar doktor dalam sejarah dari Universitas Oxford yang tidak memiliki pengalaman industri.

Baca Juga: Mayoritas Portofolio SoftBank Merugi, Investasinya di China Bakal Jadi Penyelamat

Ia mendirikan Apex Silver Mines pada tahun 1993 yang meski kurang kredensial, ia berhasil menerima investasi sebesar USD10 juta dari investor miliarder George Soros pada tahun 1994.

"Apa yang benar-benar berakhir adalah ketika Warren Buffett membeli perak itu," ujar Kaplan sebagaimana dikutip dari Business Insider di Jakarta, Selasa (2/6/2020).

Meski saat itu pasar perak global sempat mengalami masa pemulihan akibat tekanan miliarder minyak, Nelson Bunker Hunt tahun 1979, untunglah Kaplan bisa mengubah takdirnya.

Padahal saat itu gelembung perak meledak awal tahun 1980 sehingga memangkas harga logam mulia dari USD 50 per ons menjadi kurang dari USD 10 per ons. Hal itu menjadi aset beracun bagi banyak investor.

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: