Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tren Belanja Ramadan Versi Tokopedia, Kategori Ini Paling Laris

Tren Belanja Ramadan Versi Tokopedia, Kategori Ini Paling Laris Kredit Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sepanjang Ramadan, Tokopedia berkolaborasi dengan mitra strategis, termasuk pemerintah dan pegiat usaha lokal dari berbagai industri, lewat berbagai program, antara lain #SatuDalamKopi, #FestivalSantapanLezat, #BanggaBuatanIndonesia, dan masih banyak lagi.

"Kolaborasi ini bertujuan mengakselerasi adopsi digital bagi pegiat usaha lokal, khususnya UMKM, agar bisnis yang sepenuhnya dikelola luring dapat kembali beroperasi lewat kanal daring demi mendorong pemulihan ekonomi di tengah pandemi," terang VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak.

Upaya bersama tersebut mengundang tingginya antusiasme masyarakat dalam merayakan Ramadan walau di tengah pandemi. Hal ini tampak dari beberapa temuan menarik Tokopedia terkait tren belanja masyarakat sepanjang Ramadan.

Baca Juga: Bagikan Kupon Belanja Rp50 M, UC Browser Tarik 4 Juta Orang Indonesia

Data internal Tokopedia menyebutkan bahwa Makanan dan Minuman, Rumah Tangga, Kesehatan, dan Elektronik menjadi empat kategori paling populer selama Ramadan. Pada Makanan dan Minuman, buah kurma, olahan daging, buah-buahan, seperti jeruk dan alpukat, hingga kopi kemasan merupakan produk yang paling banyak dibeli.

Sebelumnya, Tokopedia menggandeng lebih dari 1.000 pelaku usaha kopi lokal melalui #SatuDalamKopi. Klinik Kopi dan Dua Coffee adalah contoh yang berupaya beradaptasi di tengah pandemi, mulai dengan mempercepat adopsi digital hingga menyesuaikan varian produk. Kini lebih dari 80 persen penjualan mereka berasal dari pemesanan online lewat Tokopedia.

"Selain berburu kopi, berkebun juga menjadi kegiatan yang sangat digemari masyarakat di tengah PSBB selama Ramadan. Terlihat dari meningkatnya penjualan produk tanaman, pot, dan tempat penyimpanan pada kategori Rumah Tangga," jelas Nuraini.

Selama Ramadan di tengah PSBB, pola masyarakat dalam bekerja hingga mencari hiburan pun cenderung bergeser. Data internal Tokopedia memperlihatkan pada kategori Elektronik, earphone, lampu bohlam, dan speaker adalah produk yang paling diburu.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: