Terbiasa Hidup Sederhana, Pria Terkaya di China Ini Sukses Berkat Jualan Susu!

Terbiasa Hidup Sederhana, Pria Terkaya di China Ini Sukses Berkat Jualan Susu! Kredit Foto: Financial Times

Terlahir dari keluarga miskin membuat Zong Qinghou terbiasa hidup sederhana. Padahal ia pernah dinobatkan sebagai orang terkaya di China selama tiga tahun yakni tahun 2010 hingga tahun 2013.

Ia pun juga dikenal sebagai miliarder yang hemat lantaran hanya menghabiskan Rp8 juta per bulan dan hanya sekitar Rp200 ribu per hari.

Padahal perusahaan minuman miliknya, melalui Wahaha Group membuat ia memiliki kekayaan bersih sebesar USD 11,4 miliar atau Rp161 triliun.

Baca Juga: Kisah Pria 23 Tahun Tolak Tawaran Pendiri SoftBank hingga Jadi Miliarder Jepang

Meski kaya raya, ia hanya memilih untuk hidup hemat. Hal ini lantaran ia terlahir dari keluarga miskin yang ibunya merupakan seorang pencari nafkah tunggal yang harus memenuhi kebutuhan keluarga dari hasil mengajar.

Pria kelahiran 1945 ini pun hidup di tengah keluarga yang serba kekurangan dan terus ditimpa masalah. Akhirnya ia pun memutuskan kembali ke kampung halamannya dan bekerja sebagai kasir di grosir. Dia menghasilkan 30 yuan setiap bulannya, pada waktu itu.

Ketika berusia 42 tahun, ia diperhadapkan dengan sebuah kesempatan yang langsung dimanfaatkannya. Saat ia bekerja sebagai pengantar susu ke sekolah-sekolah, saat itulah ia melihat peluang besar ketika banyak anak sekolah yang sangat menyukai susu. Harga susu pun murah dengan kandungan gizi yang tinggi.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini