Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bantu UMKM Go Digital, Kemenkop-UKM dan Lazada Luncurkan Program KAU

Bantu UMKM Go Digital, Kemenkop-UKM dan Lazada Luncurkan Program KAU Kredit Foto: Lazada
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop-UKM) meluncurkan program Kakak Asuh UMKM (KAU) untuk mempercepat upaya transformasi digital para pelaku UMKM, terutama melalui online marketplace.

Melalui KAU, Kemenkop-UKM mencetak para ahli digital marketing yang akan bertindak sebagai kakak asuh. Mereka akan mendampingi para pelaku UMKM dalam memanfaatkan marketplace secara lebih efisien.

Calon kakak asuh yang ingin bergabung bisa melakukan pendaftaran melalui platform online, Edukukm.id. Peserta terpilih akan mendapatkan pelatihan online sebagai kakak asuh, serta sertifikat online. Mereka kemudian akan mencari UMKM untuk dibantu melakukan penjualan di Lazada.co.id

Baca Juga: Ssst... DANA Tebar Diskon Produk Dalam Negeri, Belanjanya di Lazada!

"Tantangan UMKM saat ini adalah memaksimalkan pemasaran digital melalui platform online untuk menjangkau pasar yang lebih luas secara lebih efektif dan efisien. Namun, baru sekitar 13 persen UMKM yang sudah masuk ke online marketplace," ujar Deputi Bidang Pengembangan SDM Kemenkop-UKM Arif Rahman Hakim dalam video conference, Senin (15/6/2020).

Arif menambahkan, upaya mendorong semakin banyak UMKM untuk masuk ke pasar online tidak bisa dilakukan hanya oleh pemerintah, namun juga perlu melibatkan semua pihak terkait, dalam hal ini Lazada Indonesia sebagai penyedia marketplace dan komunitas Bolu.ID, ruang berbagi pengalaman di antara UMKM.

Ia juga menekankan bahwa kerja sama ini bersifat mutual partnership tanpa menggunakan APBN.

Sementara Direktur Utama Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata mengatakan, sebagai lembaga yang terus berupaya membina, memberdayakan, dan meningkatkan kesejahteraan para pelaku UMKM di Indonesia, Smesco berinisiatif membentuk gerakan KAU.

"Ini dalam upaya membantu para pelaku UMKM Indonesia agar dapat bersaing dan mengembangkan bisnisnya secara optimal melalui platform digital," katanya.

 

 

Leo menambahkan, kerja sama perdana dengan Lazada diharapkan bisa berjalan dengan baik dan menambah pengetahuan dan pengalaman di kemudian hari. Ia juga berharap program ini nantinya didukung oleh stakeholder ataupun e-commerce lainnya.

 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: