Soroti Gagal Bayar Asuransi Jiwa dan Reksa Dana, DPR: Pengawas Pasar Modal Harus...

Soroti Gagal Bayar Asuransi Jiwa dan Reksa Dana, DPR: Pengawas Pasar Modal Harus... Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Anggota Komisi XI DPR Fraksi Partai Demokrat, Vera Febyanthy menilai maraknya kasus gagal bayar di sektor Asuransi Jiwa dan reksa dana menjadi preseden buruk bagi lembaga pengawas pasar modal seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan lainnya.

Terkait itu, ia meminta lembaga pengawas di sektor tersebut untuk bebenah, agar kejadian  yang merugikan masyarakat tidak terulang lagi. 

“Kalau ini tidak selesai-selesai memang akan memunculkan preseden buruk. Karena itu kita minta. Untuk yang terjadi saat ini supaya segera menyelesaikan pembayaran terhadap nasabah,” terangnya dalam keterangan yang diterima, Selasa (16/6/2020).

Baca Juga: Terdakwa Jiwasraya Bete Asetnya Disita

Baca Juga: Uang Rampokan Jiwasraya Dipakai Main Kasino di 3 Negara Ini, hingga 15 Kali!

Sambungnya, ia mencontohkan kasus gagal bayar di Jiwasraya yang sampai saat ini uang jatuh tempo nasabah saving plan belum juga dikembalikan. Karena itu, ia meminta pemerintah dapat memberikan Penanaman Modal Negara (PMN) kepada Jiwasraya untuk menyelesaikan pembayaran jatuh tempo tersebut.

Sementara itu, pada Maret 2020 lalu, pemerintah baru membayar kewajiban kepada lebih dari 15.000 nasabah tradisional Jiwasraya senilai Rp470 miliar.

Sebelumnya dalam rapat dengan Panitia Kerja (Panja) Jiwasraya Komisi VI DPR pada Februari 2020 lalu disebutkan bahwa ada opsi penyelamatan Jiwasraya melalui suntikan PMN senilai Rp15 triliun untuk membayar polis jatuh tempo dan menyelamatkan perseroan.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini