Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Saran Pakar ke Ruben Onsu: Setop Polemik, Pulihkan Bisnis dengan Ini

Saran Pakar ke Ruben Onsu: Setop Polemik, Pulihkan Bisnis dengan Ini Kredit Foto: Soegimitro
Warta Ekonomi, Jakarta -

Polemik perebutan merek dagang Bensu antara Ruben Onsu pemilik Geprek Bensu dan I Am Geprek Bensu yang dimiliki oleh Yangcent menjadi catatan tersendiri dalam dunia bisnis. Kekalahan yang dialami oleh Ruben Onsu dalam perebutan merek tersebut, menurut pakar digital branding Indonesia, Soegimitro, adalah peluang bagi Ruben Onsu untuk melakukan rebranding dan memperkuat personal branding.

Menurut Soegimitro, yang bisa dijumpai di akun IG @Soegimitro ini, atas keputusan Mahkamah Agung yang mengharuskan Ruben Onsu mengganti merek dagangnya, Ruben harus mulai berpikir ke depan dan tidak lagi berpolemik dengan persoalan merek dagang.

"Ruben Onsu adalah public figure yang dikenal baik oleh masyarakat, lurus, dan memiliki citra yang baik, itu adalah kekuatan merek dari Ruben, sehingga bisnis apa pun yang dimiliki Ruben dengan nama apa pun akan tetap dipilih masyarakat," kata dia kepada redaksi Warta Ekonomi melalui keterangan tertulisnya (16/6/2020).

Baca Juga: 10 Kerajaan Bisnis Milik Keluarga Ruben Onsu Selain Ayam Geprek, Ada Bisnis Istrinya Juga Lho!

Soegimitro menyebutkan personal branding seharusnya menjadi keutamaan bagi pemilik bisnis dan bukan sekadar merek dagangnya. Pasalnya, setiap merek dagang harus memiliki wajah. Sebagai contoh, Apple memiliki merek dagang, tetapi yang menjadikannya semakin kuat adalah personal branding Steve Jobs.

Menurutnya, Ruben Onsu sudah seharusnya mulai memulihkan bisnis yang telah ia geluti dan sudah berkembang baik.

"Jangan habiskan waktu, berpolemik mengenai merek sehingga menghambat bisnis yang sudah berjalan, bahkan bisa memperburuk citra Ruben yang sudah dikenal baik oleh masyarakat, mengalah bukan berarti kalah," kata dia.

Pria yang memiliki channel YouTube Soegimitro ini berpendapat, dengan kualitas produk yang sama enaknya dan sama baiknya dari segi rasa dan pengemasan, bisnis Ayam Geprek milik Ruben Onsu meski berganti nama akan tetap menjadi pilihan masyarakat. Terbukti, gerai milik Ruben Onsu terus bertambah, bahkan hingga ke mancanegara.

"Ini membuktikan bahwa Ayam Geprek milik Ruben disukai masyarakat dan dengan menjaga kualitas, meski berganti nama, produk tersebut akan tetap dicari masyarakat," kata Soegimitro.

 

Hal pertama yang harus dilakukan Ruben Onsu dalam polemik ini, kata Soegimitro, adalah menahan diri untuk mengeluarkan pernyataan yang bisa memperkeruh suasana. Lalu, bangun personal branding yang kuat.

Baca Juga: Polemik Merek Bensu, Pemilik Bisnis 'I Am Geprek Bensu' Buka Suara

"Ruben dan keluarga kan sudah dikenal sebagai keluarga yang harmonis, solid, dan murah hati, nah tinggal dikuatkan saja untuk meningkatkan value bisnis yang dimiliki Ruben dan keluarga," kata Soegimitro.

Soegimitro menyebutkan, personal branding yang kuat dapat membantu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap produk yang diwakilinya. Audiens akan merasa lebih terhubung secara emosional dengan produk jika bisa berinteraksi langsung dengan sang pemilik produk tersebut.

"Semakin banyak pelanggan mengalami nilai dan emosi yang sama melalui setiap interaksi dengan Anda, atau produk dan layanan Anda, semakin mereka percaya, mengharapkan, dan menghargai pengalaman relevan serupa," tukasnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: