Ilmuwan: Butuh Paparan Sinar... selama 30 Menit Bunuh Virus Corona

Ilmuwan: Butuh Paparan Sinar... selama 30 Menit Bunuh Virus Corona Kredit Foto: Reuters/Hannah A Bullock and Azaibi Tamin

Sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh matahari diyakini dapat membantu membunuh virus corona. Hal tersebut diungkapkan oleh tim astrofisikawan Italia.

Tim tersebut juga mengatakan bahwa dampak wabah Covid-19 di seluruh dunia mungkin dipengaruhi oleh intensitas cahaya matahari. Seperti halnya bentuk sinar ultraviolet UVA dan UVB yang lebih dikenal, radiasi matahari mengandung UVC, yang memiliki panjang gelombang lebih pendek dan lebih energik yang cukup kuat diyakini dapat memecah bahan genetik dari virus corona.

Namun, tim peneliti dari Institut Nasional untuk Astrofisika di Roma, yang dipimpin oleh Dr Fabrizio Nicastro, menghitung dosis radiasi UVA dan UVB yang mampu menyebabkan kerusakan yang sama pada virus corona seperti ledakan setara dengan UVC. Mereka kemudian membangun model untuk memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membunuh virus corona di lebih dari 100 negara.

Baca Juga: Kabar Baik Datang, Obat Steroid Murah Disebut Bisa Cegah Kematian Pasien Covid-19

Hasilnya bervariasi, tetapi secara umum, dari Januari hingga April di negara-negara yang berada di 40 hingga 60 derajat di utara jalur khatulistiwa, diperlukan paparan sinar UV selama antara 30 menit hingga 14 jam sehari untuk membunuh 63 persen patogen.

Wilayah itu meliputi banyak daerah seperti China, Italia, Spanyol, Inggris dan Amerika Serikat, kata tim itu dalam sebuah makalah yang diterbitkan di situs pracetak arXiv.org minggu lalu, dan belum ditinjau oleh rekan sejawat.

"Di negara-negara utara wabah berlangsung dengan kecepatan tinggi selama puluhan hari, terlepas dari langkah-langkah menjaga jarak sosial yang diadopsi oleh sebagian besar negara-negara ini," kata para ilmuwan seperti dikutip dari laman Asiaone.

Para peneliti kemudian mengalihkan perhatian mereka ke bagian selatan dunia dan menemukan bahwa pada periode yang sama, di daerah antara 40 dan 60 derajat selatan khatulistiwa, dibutuhkan sekitar empat hingga 35 menit sinar matahari untuk membunuh virus.

Editor: Rosmayanti