Ketua ICMI: Pancasila Sudah Final, Jangan Kembali ke Versi Bung Karno

Ketua ICMI: Pancasila Sudah Final, Jangan Kembali ke Versi Bung Karno Kredit Foto: Istimewa

Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie tampak tidak sepakat dengan perubahan rumusan Pancasila. Menurut dia, Rumusan Pancasila yang terdapat di alenia ke 4 Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 sudah final. 

"Tentang Pancasila, jangan pernah ada lagi usaha untuk ubah rumusan finalnya dalam Alinea 4 Pembukaan UUD45," katanya dalam akun Twitternya, Jumat (19/6/2020).

Baca Juga: Kementan Berhasil Jaga Harga & Stok Pangan Stabil di Tengah Covid-19, ICMI Tepuk Tangan

Baca Juga: Jika RUU HIP Disahkan, Orang 212 Malah Nitip Ini Dimasukkan dalam Pancasila, Sila Kesatu Lagi

Lanjutnya, ia mengaku tidak setuju jika Rumusan Pancasila diubah ke versi sebelum final. Baik versi Presiden Soekarno, maupun versi piagam Jakarta.

Ia pun berpendapat sekarang sekarang bukan saatnya berpikir mundur, melainkan harus berpikir maju.

"Jangan kmbali ke versi usulan pribadi Bung Karno dalam Pidato 1 Juni ataupun versi resmi Piagam Jakarta 22 Juni 45. Jangan lagi kembali ke peradebatan lama, lebih baik ke depan, bersatu untuk maju," jelasnya.

Diketahui, saat ini publik tengah menyoroti rencana DPR dan pemerintah yang sempat menggarap Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP).

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini