Polres Sulu Kriminalisasi Warga, Lha Tito Karnavian Pernah Nge-Joke dengan Materi Gus Dur

Polres Sulu Kriminalisasi Warga, Lha Tito Karnavian Pernah Nge-Joke dengan Materi Gus Dur Kredit Foto: Antara/Wahyu Putro A

Kepolisian RI sempat menjadi sorotan, lantaran adanya proses hukum yang dilakukan terhadap salah satu warga di Kepulauan Sulu, Maluku Utara, lantaran mengunggah guyonan Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, mengenai polisi jujur.

Sebenarnya, guyonan itu sudah terjadi lama dan lumrah disampaikan. Bahkan mantan Kapolri Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian yang kini menjadi Menteri Dalam Negeri Kabinet Indonesia Maju 2019-2024, pernah juga mengutarakan candaan tentang polisi jujur itu.

Baca Juga: Guyonan Gus Dur Berujung Kriminalisasi, IPW: 'Polisi Lebay dan Mentang-mentang Kuasa!'

Di mana Gus Dur mengatakan, hanya ada tiga polisi jujur di Indonesia. Yakni polisi tidur, patung polisi dan Jenderal Hoegeng (mantan Kapolri). Namun justru Polres Sulu, mempersoalkan postingan seorang warga, IS, yang mengunggah itu di akun facebook. Atas peristiwa itu, Mabes Polri mengimbau Polres Sula tidak terlalu reaktif.

"Saya sampaikan ke Polda Maluku Utara terutama Polres Sulu, coba menyikapi segala sesuatunya jangan terlalu reaktif juga," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Brigadir Jenderal Polisi Awi Setiyono saat dikonfirmasi, Jumat 19 Juni 2020.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini