Apa Itu Enkripsi End-to-End?

Apa Itu Enkripsi End-to-End? Kredit Foto: Unsplash/Rachit Tank

Enkripsi end-to-end adalah metode komunikasi aman yang mencegah pihak ketiga mengakses data saat ditransfer dari satu sistem atau perangkat ke perangkat lainnya.

Pada prinsipnya, enkripsi end-to-end ini mencegah calon penyadap rahasia, termasuk penyedia telekomunikasi, penyedia Internet, dan bahkan penyedia layanan komunikasi agar tidak dapat mengakses kunci kriptografi yang diperlukan untuk mendekripsi percakapan.

Baca Juga: Apa Itu WhatsApp Business?

Data dienkripsi pada sistem atau perangkat pengirim dan hanya penerima yang dapat mendekripsi. Kunci kriptografi yang digunakan untuk mengenkripsi dan mendekripsi pesan disimpan secara eksklusif pada titik akhir, sebuah trik yang dimungkinkan melalui penggunaan enkripsi kunci publik.

Perangkat lunak pengiriman pesan enkripsi end-to-end pertama yang banyak digunakan adalah Pretty Good Privacy, yang mengamankan email dan file yang disimpan, serta mengamankan tanda tangan digital. Aplikasi perpesanan teks sering menggunakan enkripsi ujung ke ujung, termasuk Jabber, TextSecure, dan iMessage Apple.

Enkripsi end-to-end mengimplementasikan TLS yang dimaksudkan untuk mencegah data dibaca atau dimodifikasi, selain oleh pengirim dan penerima yang sebenarnya. Pesan dienkripsi oleh pengirim tetapi pihak ketiga tidak memiliki sarana untuk mendekripsi mereka.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini