Gak Perlu Takut Era New Normal, Pemeriksaan Ginekologi Sangat Penting!

Gak Perlu Takut Era New Normal, Pemeriksaan Ginekologi Sangat Penting! Kredit Foto: Unsplash

Di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, membuat masyarakat khawatir untuk melakukan pemeriksaan masalah kesehatan ke dokter di rumah sakit. Tak terkecuali, bagi kalangan wanita yang merasakan keluhan pada kandungan.

Padahal, kondisi tersebut jika dibiarkan membuat tidak nyaman dan menurunkan kualitas hidup.

Terkait itu, Dokter spesialis obstetri dan ginekologi RS Siloam Hospitals Semarang, dr Nurul Setiyorini SpOG mengatakan, selain pemeriksaan kehamilan, biasanya para wanita memeriksakan berbagai keluhan yang dialami terkait dengan organ reproduksi mereka.

Baca Juga: Doni Monardo: Kami Hanya Punya Satu Dokter, Itupun Dokter Umum

Baca Juga: Tak Hanya Bantuan Alat Kesehatan, Taspen Juga Serahkan Santunan Korban Covid-19

Sambungnya, masalah umum yang biasanya terjadi adalah keputihan, perdarahan di luar siklus, control bleeding, nyeri perut, perut membesar, haid tidak lancar, dan program hamil.

"Untuk mengetahui penyebab dari berbagai keluhan tersebut biasanya kami menerapkan anamnesis atau konsultasi, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang,? ucapnya dalam webinar Health Talks RS Siloam Hospitas Semarang, Selasa (23/6/2020).

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini