Portal Berita Ekonomi Jum'at, 10 Juli 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 23:59 WIB. Oil - Harga acuan WTI diperdagangkan pada level 39,96 USD/barel.
  • 23:58 WIB. Oil - Harga acuan Brent diperdagangkan pada level 42,58 USD/barel.
  • 23:57 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,34% terhadap Euro pada level 1,1291 USD/EUR.
  • 23:56 WIB. Valas - Dollar AS melemah 0,02% terhadap Poundsterling pada level 1,2612 USD/GBP.
  • 23:55 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,03% terhadap Yen pada level 107,29 JPY/USD.
  • 23:54 WIB. Gold - Spot price emas diperdagangkan pada level 1.798 USD/troy ounce.
  • 23:53 WIB. Bursa - Indeks Nasdaq dibuka positif 0,04% pada level 10.496.
  • 23:52 WIB. Bursa - Indeks Dow Jones dibuka negatif 1,33% pada level 25.720.
  • 23:52 WIB. Bursa - Indeks S&P 500 dibuka negatif 1,02% pada level 3.137.
  • 16:11 WIB. Bursa - Indeks Hang Seng ditutup positif 0,31% pada level 26.210.
  • 16:10 WIB. Bursa - Indeks KOSPI ditutup menguat 0,42% pada level 2.167.
  • 16:10 WIB. Bursa - Indeks Nikkei ditutup menguat 0,40% pada level 22.529.
  • 16:09 WIB. Bursa - Indeks Shanghai ditutup positif 1,39% pada level 3.450.
  • 16:09 WIB. Bursa - Indeks Straits Times ditutup negatif 0,45% pada level 2.657.
  • 16:08 WIB. Bursa - Indeks FTSE 100 dibuka melemah 0,22% pada level 6.142. 

Strategi Acer Perluas Pasar Laptop di Indonesia

Strategi Acer Perluas Pasar Laptop di Indonesia
WE Online, Jakarta -

Indonesia dengan jumlah penduduk yang banyak dan perkembangan teknologi yang pesat menjadi pasar yang menjanjikan dalam penjualan produk berteknologi tinggi. Salah satunya laptop, kini sudah menjadi kebutuhan setiap orang untuk mendukung kegiatan pendidikan hingga pekerjaan. Acer, produsen dan merek laptop asal Taiwan, pun terus memperluas pasar di Indonesia.

Tiffany Huang, Co-COO and President of Corp Marketing, Business and Planning Operations Acer, dalam wawancara virtual baru-baru ini mengatakan, pasar Indonesia adalah pasar yang besar. Untuk dapat menggaet market di Indonesia, Acer selalu berupaya untuk menghadirkan produk yang tepat.

Baca Juga: Khusus Kreator Youtube Hingga Mahasiswa Desain, Acer Hadirkan PC dan Laptop Anyar Ini!

Untuk menghadirkan produk yang tepat, Acer telah membicarakan tentang perangkat apa yang dapat digunakan untuk pendidikan, sekolah, dan siswa untuk belajar. Acer juga melihat Indonesia sebagai pasar game yang besar sehingga Acer harus terus fokus pada perangkat canggih seperti apa yang mereka (pelanggan) akan dapatkan.

"Kami membuat Anda bahagia untuk gaya hidup Anda. Inilah yang akan dilakukan Acer untuk Indonesia dan pasar global. Kami akan mendengarkan dengan cermat apa yang diinginkan pengguna," ujar Tiffany.

Tiffany mengakui, persaingan pasar laptop di Indonesia cukup ketat. Untuk menjadi nomor satu, Acer memiliki beberapa strategi, di antaranya berinteraksi dengan pasar terlebih dahulu sebelum menciptakan sebuah produk. Selain itu, Acer juga terus mencoba menghadirkan produk-produk terbaru.

Selama pandemi Covid-19, Acer mencoba menghadirkan produk yang memiliki solusi adaptif untuk mengakomodasi perubahan gaya hidup masyarakat. Menurut Tiffany, dengan kondisi tersebut, ada kebutuhan dari para kreator untuk dapat bekerja di rumah. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Acer menghadirkan Chromebook dan perangkat lain yang lebih powerfull.

"Kami terus berinovasi. Kami menciptakan Enduro yang baru. Saya pikir dengan cara itu kita bisa menang daripada kita melihat orang lain. Kita harus mencari tahu apa hal terbaik yang bisa kita lakukan. Jika kita tidak mencoba, kita akan gagal, jadi kita harus mencoba," ujar Tiffany.

Jerry Kao, Co-COO and President of IT Products (Acer Inc./Global), mengatakan, dalam beberapa tahun ke depan, Acer melihat adanya tren bahwa pelanggan di Indonesia mencari laptop yang lebih ringan tapi dengan performance yang lebih bertenaga. Menjawab kebutuhan tersebut Acer menciptakan produk yang lebih tipis dan lebih ringan, kurang dari satu kilogram, tetapi tetap memiliki banyak fungsi dan fitur.

"Itu sebabnya kami kembali dari generasi sebelumnya. Beradaptasi dengan issue Covid-19 saat ini, kami masih terus bergerak untuk membuat perangkat premium dan memenuhi permintaan," jelas Jerry Kao.

Sementara itu, Andrew Hou, President, Pan-Asia Pacific Operations/PAP Region, menambahkan bahwa sebagian besar negara di Asia memiliki perbedaan. Untuk Indonesia, pelanggannya sangat mementingkan merek, harga, dan desain dari sebuah produk.

Untuk segmen pasar pendidikan, lanjut Andrew, Acer memiliki tiga produk unggulan, yakni Chromebooks, Tablet, dan Windows Twin One yang merupakan produk hasil kolaborasi dengan Jepang, Filipina, dan Indonesia sendiri. Selain itu, Acer juga memiliki portofolio produk untuk mendukung event. Ketika ada lembaga, sekolah, atau pemerintah yang membutuhkan, Acer siap memenuhi kebutuhan infrastuktur sesuai permintaan, seperti permintaan bekerja di rumah.

"Untuk negara-negara yang telah memperbolehkan siswa kembali ke sekolah, kami akan mengadakan back to school event untuk membangkitkan demand lokal," ujar Andrew.

Baca Juga

Tag: Digital Economy, Laptop, Acer

Penulis: Agus Aryanto

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Foto: Acer

loading...
Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,871.22 3,831.68
British Pound GBP 1.00 18,307.49 18,123.89
China Yuan CNY 1.00 2,075.87 2,055.04
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,518.23 14,373.77
Dolar Australia AUD 1.00 10,127.92 10,024.27
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,873.30 1,854.63
Dolar Singapura SGD 1.00 10,435.01 10,329.69
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,469.48 16,299.86
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,406.44 3,368.59
Yen Jepang JPY 100.00 13,530.50 13,392.13
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5052.794 -23.380 696
2 Agriculture 1063.698 10.416 23
3 Mining 1291.609 6.124 48
4 Basic Industry and Chemicals 763.281 -4.110 80
5 Miscellanous Industry 882.417 -2.074 52
6 Consumer Goods 1817.296 -7.719 57
7 Cons., Property & Real Estate 319.855 -0.236 92
8 Infrastruc., Utility & Trans. 898.838 -7.724 78
9 Finance 1110.603 -7.756 93
10 Trade & Service 606.553 -0.637 173
No Code Prev Close Change %
1 PGUN 208 260 52 25.00
2 UANG 282 352 70 24.82
3 SAPX 1,875 2,340 465 24.80
4 KRAS 278 346 68 24.46
5 MFIN 900 1,050 150 16.67
6 BMAS 266 306 40 15.04
7 POLU 805 910 105 13.04
8 HDFA 139 157 18 12.95
9 SMDM 88 99 11 12.50
10 ENVY 112 126 14 12.50
No Code Prev Close Change %
1 ITIC 1,150 1,070 -80 -6.96
2 CMNP 1,300 1,210 -90 -6.92
3 BBHI 159 148 -11 -6.92
4 TECH 159 148 -11 -6.92
5 BBMD 1,605 1,495 -110 -6.85
6 KBLI 438 408 -30 -6.85
7 ALTO 380 354 -26 -6.84
8 GSMF 117 109 -8 -6.84
9 KBLV 382 356 -26 -6.81
10 TMAS 118 110 -8 -6.78
No Code Prev Close Change %
1 KRAS 278 346 68 24.46
2 BBRI 3,190 3,140 -50 -1.57
3 TOWR 1,075 1,070 -5 -0.47
4 IPTV 360 358 -2 -0.56
5 PTBA 2,080 2,100 20 0.96
6 MDKA 1,450 1,535 85 5.86
7 TLKM 3,150 3,110 -40 -1.27
8 TKIM 7,100 7,125 25 0.35
9 BBNI 4,800 4,730 -70 -1.46
10 MARI 54 60 6 11.11