Portal Berita Ekonomi Minggu, 12 Juli 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief

Kekuatan Branding ala Iron Man: Anti Mainstream dan Imajinatif

Kekuatan Branding ala Iron Man: Anti Mainstream dan Imajinatif
WE Online, Jakarta -

Siapa yang tak kenal Iron Man, sosok super hero yang kaya raya, tengil, dan brilian? Tokoh ini memiliki pesona yang luar biasa hingga menjadi favorit bagi para penggemar sekuel Avengers yang diciptakan Marvel Comics. Iron Man atau juga dikenal sebagai seorang pebisnis bernama Tony Stark bahkan masuk dalam daftar 15 tokoh fiksi terkaya nomer 6 versi majalah Forbes. Jadi, bagaimana seorang pahlawan super mendapatkan pengakuan dari majalah ternama dan diakui publik?

Praktisi Komunikasi dari Pandawa PR, Dihar Dakir, menilai, Iron Man berhasil membentuk personal branding yang sangat berbeda dengan personal branding pada umumnya. Jika biasanya para pebisnis atau public figure mem-branding dirinya dengan gaya yang sederhana, membumi, atau berkesan "good boy", Tony Stark alias Iron Man justru kebalikannya. Ia menampilkan sosok seorang yang arogan, cerdas, dan suka pamer, tetapi juga menghadirkan sisi-sisi humanis dan baik hati.

Baca Juga: Pakar Digital Branding Soegimitro: Keke Bukan Boneka, Jenius yang Dihujat

Bahkan, personal branding Iron Man ini juga ditiru oleh beberapa tokoh dunia. Sebut saja, Elon Musk yang mencitrakan dirinya sebagai "The Real Iron Man". Elon Musk tidak bersembunyi di balik layar, ia tampil, memamerkan kecerdasannya dan kekayaannya kepada publik.

"Elon Musk tak segan-segan mengeluarkan pernyataan-pernyataan kontroversial dan kadang membuat gerah publik, tetapi justru pernyataan itulah yang membedakan dirinya dengan para inovator teknologi lainnya," kata Dihar Dakir dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (30/6/2020).

Menurut Dihar, branding ala Iron Man juga menginspirasi public figure di Indonesia. Ia menilai, banyak public figure yang mulai berani membuka mengenai kekayaan yang dimiliki, mengeluarkan pernyataan-pernyataan kontroversial, dan bersikap arogan demi mendapatkan publisitas dan memosisikan branding mereka seperti Iron Man.

"Di Indonesia, hal yang kurang lebih mirip juga terjadi, di mana banyak kalangan selebritis, youtuber, bahkan beberapa pengusaha milenial juga mencoba mem-brand dirinya seperti Iron Man, yang suka pamer kekayaan dan kemampuan, tengil, dan sebagai orang yang suka menolong orang yang lemah," tutur Dihar Dakir, Praktisi Komunukasi dari Pandawa PR.

Dihar mengungkapkan, dahulu, mungkin prilaku tengil dan suka pamer kekayaan merupakan hal yang tabu dan malu dilakukan. Namun, di era sekarang, perilaku tersebut malah menjadi hal yang lumrah dan membanggakan bagi sebagian orang. Tak heran, banyak orang berlomba melakukannya demi mendapatkan citra sebagai The Real Iron Man.

Meski demikian, Dihar menilai ada bahaya di balik kekuatan branding ala Iron Man itu. Meski secara publisitas mampu menarik perhatian, menurutnya, branding tersebut terlihat dibuat-buat atau dipaksakan. Apalagi, jika tidak disertai dengan konsistensi.

"Banyak yang terjebak hanya di publisitas, tetapi luput memperhatikan konsistensi dan intergritas sehingga pada akhirnya malah menjadi cemoohan publik," ujar dia.

Mencitrakan diri sebagai seseorang yang kontroversial, kata Dihar, memang mendatangkan pro dan kontra. Menciptakan gelombang antara "lovers" dan "haters" di masyarakat. Namun, jika branding tersebut di kemudian hari terbukti tidak konsisten dan sesuai, gelombang "haters" akan makin kencang.

"Sah-sah saja mencitrakan diri seperti seorang Iron Man, asalkan memang kondisi yang sebenarnya sesuai dengan yang dicitrakan. Jika tidak demikian, akan menjadi backfire di kemudian hari, akhirnya malah menghancurkan brand yang sudah susah payah dibangun," ujar Dihar.

Baca Juga

Tag: Entrepreneur, personal branding, Dihar Dakir

Penulis: Redaksi WE Online

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Foto: Dihar Dakir

loading...
Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,885.96 3,846.27
British Pound GBP 1.00 18,342.22 18,158.27
China Yuan CNY 1.00 2,081.13 2,059.98
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,573.51 14,428.50
Dolar Australia AUD 1.00 10,114.02 10,011.94
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,880.43 1,861.69
Dolar Singapura SGD 1.00 10,457.46 10,349.69
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,425.80 16,260.92
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,412.20 3,375.88
Yen Jepang JPY 100.00 13,609.93 13,473.25
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5031.256 -21.538 696
2 Agriculture 1053.805 -9.893 23
3 Mining 1284.564 -7.045 48
4 Basic Industry and Chemicals 760.577 -2.704 80
5 Miscellanous Industry 872.398 -10.019 52
6 Consumer Goods 1799.024 -18.272 57
7 Cons., Property & Real Estate 316.058 -3.797 92
8 Infrastruc., Utility & Trans. 893.846 -4.992 78
9 Finance 1112.206 1.603 93
10 Trade & Service 603.264 -3.289 173
No Code Prev Close Change %
1 FITT 53 71 18 33.96
2 UANG 352 440 88 25.00
3 ARGO 1,025 1,280 255 24.88
4 PGUN 260 324 64 24.62
5 LPIN 226 270 44 19.47
6 PRIM 278 320 42 15.11
7 KBLI 408 468 60 14.71
8 PEGE 109 124 15 13.76
9 APLI 110 124 14 12.73
10 MARK 720 805 85 11.81
No Code Prev Close Change %
1 SOFA 111 100 -11 -9.91
2 PANS 930 865 -65 -6.99
3 NASA 129 120 -9 -6.98
4 GHON 1,650 1,535 -115 -6.97
5 CANI 173 161 -12 -6.94
6 ARTA 348 324 -24 -6.90
7 MREI 5,450 5,075 -375 -6.88
8 BUKK 730 680 -50 -6.85
9 PURA 132 123 -9 -6.82
10 LCKM 352 328 -24 -6.82
No Code Prev Close Change %
1 BRIS 438 474 36 8.22
2 KRAS 346 350 4 1.16
3 BCAP 158 159 1 0.63
4 ENVY 126 133 7 5.56
5 BBRI 3,140 3,110 -30 -0.96
6 TOWR 1,070 1,065 -5 -0.47
7 BNGA 755 830 75 9.93
8 BULL 304 326 22 7.24
9 TLKM 3,110 3,110 0 0.00
10 PWON 416 406 -10 -2.40