Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

1.624 Kasus Baru Positif Covid-19 Jadi Rekor Terbanyak

1.624 Kasus Baru Positif Covid-19 Jadi Rekor Terbanyak Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah merilis ada penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 1.624 orang dalam 24 jam terakhir. Ini adalah angka penambahan kasus harian terbanyak sejak rilis kasus Covid-19 pertama di Indonesia pada awal Maret lalu.

Angka penambahan tertinggi sebelumnya tercatat pada Rabu (1/7) dan Sabtu (27/6) dengan 1.385 kasus baru. Total kasus konfirmasi positif di Indonesia sebanyak 59.394 orang.

Baca Juga: Jakarta Kembali Jadi Penyumbang Tertinggi Positif Covid-19

Jawa Timur kembali menjadi provinsi dengan penambahan kasus terbanyak dalam satu hari terakhir, yakni 374 kasus baru. Kemudian menyusul DKI Jakarta dengan 190 kasus baru, Sulawesi Selatan dengan 165 kasus, Jawa Tengah dengan 153 kasus, dan Kalimantan Selatan dengan 114 kasus baru dalam 24 jam terakhir.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, menjelaskan, angka penambahan pada satu hari terakhir ini didapat dari pemeriksaan terhadap 23.519 spesimen. Artinya sampai saat ini, pemerintah sudah memeriksa sebanyak 849.155 spesimen pasien positif dan terduga Covid-19.

"Jumlah kasus positif kita dapatkan dari hasil tracing yang secara agresif kita lakukan dan testing yang makin masif kita lakukan. Sebagian dari kasus positif ini adalah kasus yang tidak memiliki indikasi dirawat di rumah sakit sehingga kita sarankan melakukan isolasi mandiri," jelas Yurianto dalam keterangan pers, Kamis (2/7/2020).

Kendati penambahan kasus hari ini cukup tinggi, jumlah pasien yang sembuh juga tercatat banyak, yakni 1.072 orang. Beberapa provinsi juga melaporkan jumlah pasien sembuh yang lebih banyak ketimbang jumlah kasus positif yang baru.

Banten misalnya, melaporkan ada 8 pasien positif baru dan 222 pasien sembuh. Kalimantan Timur melaporkan 6 kasus baru dan 14 pasien sembuh, Riau mencatatkan ada 1 kasus baru dan 10 pasien sembuh, dan Kalimantan Utara melaporkan tidak ada kasus baru dan 6 pasien sembuh.

Selain itu, ada 18 provinsi yang juga melaporkan penambahan kasus baru di bawah 10 orang dalam satu hari terakhir. Bahkan, enam provinsi juga melaporkan tidak ada penambahan kasus baru dalam 24 jam terakhir.

"Gambaran ini menunjukkan bahwa kasus sembuh adalah akan terus bertambah dari waktu ke waktu. Enam provinsi nol kasus baru, di antaranya Aceh, Babel, Jambi, Kalbar, Kaltara, Sulteng," kata Yurianto.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: