Luncurkan Pusat Informasi, Menkop Pastikan PEN Bakal Terserap

Luncurkan Pusat Informasi, Menkop Pastikan PEN Bakal Terserap Kredit Foto: Vicky Fadil

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki resmi meluncurkan Pusat Informasi Pemulihan Ekonomi Koperasi dan UMKM untuk pelaporan penyerapan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk pelaku usaha.

Diketahui juga, pemerintah telah menganggarkan Rp123,46 triliun untuk pemulihan ekonomi Koperasi dan UMKM.

"Setiap hari kita update. Ini bentuk keterbukaan informasi sekaligus mengajak stakeholder bersama percepat serapan anggaran seperti harapan presiden," katanya di Kantor Kemenkop pada Kamis (2/7/2020).

Baca Juga: Pengamat Kritik Keras Anak Buah Teten Masduki: Gagal Paham!

Lanjutnya, ia menyebut dari total anggaran tersebut, sebanyak Rp78,78 triliun ditempatkan untuk restrukturisasi pinjaman. Sambungnya, dana tersebut ditempatkan di Himpunan Bank Milil Negara (Himbara) yaitu BRI, BNI, Mandiri, serta BTN.

Kemudian, untuk Rp35,28 triliun untuk subsidi bunga, dengan rincian, sebanyak Rp4,967 triliun untuk subsidi bunga program Kredit Usaha Rakyat (KUR), dana akan disalurkan ke 102 bank umum, 1.570 Bank Perkreditan Rakyat (BPR), dan 10 perusahaan pembiayaan (leasing). Kemudian, Rp27,195 triliun akan diberikan bagi 42 bank perusahaan pembiayaan dan koperasi untuk subsidi bunga non-KUR.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini