Duh! Kecepatan Rata-rata Internet RI Jauh Tertinggal

Duh! Kecepatan Rata-rata Internet RI Jauh Tertinggal Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel

Berkat kehadiran internet, bermain game, menjelajah media sosial, serta mencari informasi menjadi tren dan gaya hidup masyarakat saat ini. Tingginya kebutuhan akan internet terkadang kerap muncul keluhan mengenai performa akses internet yang tidak sesuai harapan.

Baru-baru ini perusahaan penyedia game terbesar di dunia, Steam merilis performa penyedia internet di dunia. Salah satu negara yang tercatat di data resmi Steam, yaitu Indonesia. Steam mencatat 10 Internet Service Provider (ISP) populer di Indonesia, dengan membagikan informasi mengenai rata-rata kecepatan download (unduh) dari masing-masing klien.

Menurut Steam, kecepatan rata-rata untuk akses game di Indonesia hanya 11 Mbps. Rata-rata ini masih berada di belakang kecepatan penyedia internet di Malaysia dengan kecepatan 33,9 Mbps. Sementara Vietnam memiliki laju akses rata-rata sebanyak 40,3 Mbps. Negeri Gajah Putih, Thailand memiliki akses rata-rata internet sebesar 74,9 Mbps.

Baca Juga: Cuma 2 Tahun, Layanan Facebook Mirip TikTok Segera Tutup Usia

Sementara itu, negara yang memiliki akses internet tercepat rata-rata di Asia Tenggara, yaitu Singapura. Akses rata-rata internet di Negeri Singa itu mencapai 100 Mbps. Adapun akses rata-rata terendah di Asia Tenggara berada di Laos. Menurut Steam, akses rata-rata internet di Laos hanya 8,8 Mbps.

Steam juga mencatat, dari beberapa penyedia layanan internet di Indonesia, PT Mora Telematika Indonesia (Moratelindo) menduduki posisi teratas dalam kecepatan download rata-rata. Kecepatan download Moratelindo tercatat mencapai 40,1 Mbps.

Produk layanan internet milik Moratelindo, yaitu Oxygen.id, dikenal memiliki stabilitas berselancar internet, main game online, video streaming, serta beragam layanan hiburan.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini