Masyarakat Gak Yakin Perekonomian Indonesia Bakal Membaik

Masyarakat Gak Yakin Perekonomian Indonesia Bakal Membaik Foto: Antara/Sigid Kurniawan

Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Juni 2020 mengindikasikan keyakinan konsumen masih pesimis (<100) terhadap kondisi ekonomi meski ada sedikit perbaikan. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) sebesar 83,8 pada Juni 2020, meningkat dari 77,8 pada Mei 2020.

Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko mengatakan, keyakinan konsumen terpantau membaik pada seluruh kategori responden, baik menurut tingkat pengeluaran maupun kelompok usia. Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di 14 kota survei, dengan perbaikan tertinggi di Mataram, diikuti Jakarta dan Samarinda.

Baca Juga: Cara Mudah Aktivasi PIN Hasanah Card BNI Syariah

"Membaiknya optimisme konsumen terutama disebabkan oleh menguatnya ekspektasi konsumen terhadap perkiraan kondisi ekonomi pada enam bulan mendatang, seiring dengan prakiraan meredanya pandemi Covid-19 di Indonesia," ujarnya di Jakarta, Senin (6/7/2020).

Lebih lanjut, katanya, penguatan di sisi ekspektasi terutama ditopang oleh prakiraan ekspansi kegiatan usaha yang meningkat pada enam bulan mendatang.

"Di sisi lain, persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini terpantau masih rendah dan kembali melemah, terutama disebabkan oleh penurunan optimisme konsumen terhadap pembelian barang tahan lama," tuturnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini