Holang Kaya, Jepang Borong Ratusan Jet Tempur F-35 Bikinan AS

Holang Kaya, Jepang Borong Ratusan Jet Tempur F-35 Bikinan AS Kredit Foto: U.S. Air Force/Nial Bradshaw/Handout via Reuters

Jepang mendapat lampu hijau dari Amerika Serikat setelah Negeri Paman Sam itu menyetujui rencana pembelian pesawat tempur gabungan F-35 pada Kamis waktu setempat.

Tentu ini akan menempatkan Jepang selangkah lebih dekat sebagai pelanggan asing terbesar yang membeli jet tempur Lockhead Martin asal Amerika itu. Tidak hanya 5 atau 10 pesawat, bahkan Jepang diketahui membeli 105 pesawat tempur gabungan F-35.

Dalam laporan yang dikutip dari situs Defence News, Jumat (10/7/2020), paket pembelian pesawat tempur yang disetujui Amerika meliputi 63 pesawat F-35A varian lepas landas dan pendaratan konvensional serta 42 pesawat F-35 varian lepas landas dan pendaratan. 

Baca Juga: Angkatan Udara AS Ciptakan Teknologi Militer Tercanggih di Dunia

Perlu diketahui, ternyata Jepang menjadi negara Asia ke dua yang memiliki anggaran untuk militer terbanyak setelah China. Jepang tercatat memiliki anggaran militernya sebanyak 46,6 miliar dolar Amerika.

Tentu pembelian pesawat tempur varian F-35 sebanyak 105 buah dengan total pembelian sebesar 23 miliar Dolar Amerika tidak menjadi masalah bagi Negeri Sakura ini. Namun harga tersebut masih harga kotor, dalam pengertian bahwa harga ini masih dapat berubah selama proses negosiasi berlangsung.

Proses negosiasi itu juga akan membahas mengenai kesepakatan pembelian senjata lain, diantaranya senapan mesin 110 Pratt dan Whitney F135, peralatan pelatihan, suar inframerah, paket logistik berbasis kinerja, suku cadang dan perbaikan, dan masih banyak lagi.

Jika Jepang memutuskan untuk tetap membeli pesawat tempur besutan Lockhead Martin setelah negosiasi selesai, maka itu akan membuat Jepang menjadi negara ke dua terbesar sebagai operator F-35 setelah Amerika sendiri. 

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini