Qatar Puncaki Daftar Negara Paling Aman di Dunia, Ini Alasannya

Qatar Puncaki Daftar Negara Paling Aman di Dunia, Ini Alasannya Kredit Foto: Reuters/Fadi Al-Assaad

Qatar terus memimpin posisi puncak sebagai negara paling aman di dunia pada tahun ini, berdasarkan indeks kejahatan Numbeo. Itu berarti Qatar telah menempati posisi puncak selama enam tahun berturut-turut.

Qatar menempati peringkat puncak dalam laporan yang disusun situs database global yang melacak tingkat kejahatan dan biaya hidup di 133 negara.

Baca Juga: Misi Bersejarah UAE di Mars Tertunda karena Fenomena Ini

Dengan posisi puncak sejak 2015 hingga 2019, Qatar mampu mempertahankan posisinya sebagai negara Arab paling aman dan negara paling aman di dunia. Kondisi itu mencerminkan level keamanan dan keselamatan yang dinikmati negara itu.

Menurut klasifikasi aturan dalam laporan itu, negara-negara dirangking berdasarkan ketertiban, artinya Qatar di rangking 133 dengan mendaftarkan tingkat kejahatan terendah dengan 11,90 poin dari 100. Qatar pun kembali menduduki posisi puncak sebagai negara paling aman.

Database Numbeo merilis laporan tahunan sejak 2009, berdasarkan tingkat kejahatan di tiap negara di dunia. Rangking ini menjadi dorongan moral bagi warga Qatar karena negara itu masih diblokade oleh Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, dan Mesir sejak 2017.

Meski berbagai upaya dilakukan untuk mengatasi tekanan ekonomi, bulan lalu, Qatar menempati rangking enam dalam daftar 63 negara dengan pendapatan tertinggi.

Dengan krisis Covid-19 yang mempengaruhi ekonomi, Qatar diperkirakan dapat pulih dengan cepat.

Qatar juga menempati peringkat 14 untuk daya saing global, di atas Jerman (17), Inggris (19), dan China (20).

Kabar baik juga bagi warga Qatar, suplai gas Doha ke Inggris mencapai tingkat tertinggi dengan 42,7 juta meter kubik per hari. Pekan lalu, Qatar berinvestasi 25 miliar euro di Jerman.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini