5 Planet Ini Bakal Muncul di Langit Bersama, Penasaran?

5 Planet Ini Bakal Muncul di Langit Bersama, Penasaran? Kredit Foto: SkySafari

Lima planet yakni Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus akan muncul bersama bulan sabit. Semuanya akan terlihat di langit pada waktu yang bersamaan sebelum matahari terbit pada 19 Juli.

Menurut astronom Dr. Jeffrey Hunt, lima planet dan bulan sabit secara bersamaan akan terlihat dengan mata telanjang 45 menit sebelum matahari terbit pada Minggu, (19/7/2020).

Baca Juga: AS-Rusia Adu Balap Satelit Militer di Luar Angkasa, Siapa Menang?

"Mereka akan melengkung melintasi langit pagi, jadi Anda akan ingin menemukan tempat dengan cakrawala yang jelas di timur-timur laut dan barat daya," saran Hunt, dilansir di House Beautiful, Rabu (15/7/2020).

Dua jam sebelum matahari terbit, Anda sudah bisa melihat Jupiter di langit barat daya dengan planet cincin Saturnus di atasnya dan di kanan. Mars, alias planet merah, akan terlihat di cakrawala tenggara.

Venus muncul di langit timur, dan Merkurius akan berada di sebelah kanan bulan, yang akan sangat rendah di timur laut.

Dilansir di Space.com, mengamati langit malam bisa dilakukan tanpa peralatan khusus. Teropong atau teleskop pemula yang baik akan meningkatkan beberapa pengalaman dan membawa beberapa objek yang tidak terlihat ke dalam pandangan Anda.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi dan perangkat lunak astronomi untuk memudahkan pengamatan Anda.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini