Tangkap Puluhan Kapal Asing, Edhy Hibahkan ke Kampus-kampus

Tangkap Puluhan Kapal Asing, Edhy Hibahkan ke Kampus-kampus Kredit Foto: Dedy Suwadha

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo mengatakan pihaknya akan menghibahkan kapal ikan asing ilegal yang ditangkap kepada lembaga pendidikan. Edhy mengatakan hal ini dilakukan mengingat banyak kampus perikanan yang tidak memiliki kapal yang cukup untuk praktik.

"Banyak kampus yang tidak punya (kapal), saya prioritaskan untuk kampus KKP sendiri," kata dia pada Rabu (15/7/2020).

Tak hanya itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) juga membuka peluang bagi koperasi yang ingin memanfaatkan tersebut.

Baca Juga: KKP Infokan Alat Tangkap Benih Lobster, Respons Susi Ya Allah...

Edhy mengatakan pihaknya akan memasang alat khusus di kapal sitaan tersebut untuk memastikan kapal tersebut tidak akan dijual oleh oknum tak bertanggung jawab. Selain itu, KKP juga akan terus melakukan pengawasan agar kapal yang sudah dihibahkan tidak mudah dipindahtangankan.

"Ada pengawasan, kita pasang apa kalau dijual ketahuan," jelasnya.

Saat ini, KKP terus berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan serta Kejaksaan Agung guna menyusun mekanisme penyerahan eks kapal asing. Khusus untuk kampus, tidak akan diminta dana sepeserpun dalam proses hibah tersebut.

Sementara itu, Dirjen PSDKP, TB Haeru Rahayu memaparkan hingga saat ini, KKP telah menangkap 58 kapal ikan asing yang melakukan pencurian ikan di perairan Indonesia. Terhadap kapal-kapal tersebut saat ini telah dilakukan proses hukum. "Sekarang 58 (kapal) yang sudah ditangkap," jelas Tb Haeru.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini