Cathay Sudah Jadi Pemegang Saham Pengendali Bank Mayapada Sejak..

Cathay Sudah Jadi Pemegang Saham Pengendali Bank Mayapada Sejak.. Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Perusahaan asal Taiwan, Cathay Life Insurance Co Ltd berencana untuk menambah kepemilikannya di PT Bank Mayapada Internasional Tbk (MAYA). Saat ini, Cathay diketahui tengah melakukan pembicaraan dengan sang pendiri Bank Mayapada, Dato Sri Tahir.

Direktur Bank Mayapada, Rudy Muljono merasa perlu meluruskan soal status Cathay di Bank Mayapada. Ia mengungkapkan bila sebenarnya Cathay sudah berstatus sebagai pemegang saham pengendali Bank Mayapada sejak tahun 2016 karena menguasai sebesar 37,33% saham perseroan.

“Saya luruskan, Cathay sebenernya sudah pemegang saham pengendali di Mayapada. Pemegang saham pengendali itu kan artinya memiliki secara langsung atau tidak langsung 25% di atasnya. Sejak 2016 sudah PSP,” ungkapnya, dalam paparan publik, di Jakarta, Kamis (16/7/2020).

Baca Juga: Bos Mayapada Tidak Tahu Soal Deal Cathay dengan Dato Sri Tahir

Lalu, Direktur Utama PT Bank Mayapada Internasional Tbk (MAYA), Hariyono Tjahjarijadi mengatakan bahwa rencana Cathay untuk menambah kepemilikan di Bank Mayapada bukan sesuatu yang luar biasa. “Catahy sudaah 37,33% saat ini sudah PSP juga di atas 25%, kalau dia mau tambah bukan sesuatu yang luar biasa sebenarnya,” tegasnya.

Sebagi informasi, Cathay masuk ke Bank Mayapada pada tahun 2016 memang sudah menjadi PSP karena membeli 15,10% saham dari Brilliant Bazzar Pte Ltd. Alhasil, perseroan menguasai 40% kepemilikan saham Bank Mayapada. Terakhir, Cathay memang tidak ikut dalam PUT XII yang digelar perseroan pada tahun 2019 lalu sehingga kepemilikannya turun menjadi 37,33%.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini