Sistem Belajar Online Jabar Banyak Kendala, Termasuk Internet

Sistem Belajar Online Jabar Banyak Kendala, Termasuk Internet Kredit Foto: Rahmat Saepulloh

Seluruh SMA/SMK di Jabar masih melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau pembelajaran secara daring, termasuk Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran 2020/2021.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) Dedi Supandi mengatakan, pihaknya sudah melaksanakan survei kepada orang tua dan peserta didik terkait kendala-kendala yang dialami selama PJJ. Menurut Dedi, dari survei itu terangkum tujuh kendala besar yang dirasakan orang tua maupun peserta didik.

Pertama adalah orang tua terbebani kuota internet. Kemudian, orang tua kesulitan mendampingi anak dalam pembelajaran secara daring. Ketiga, orang tua berharap anak mandiri mengikuti PJJ. 

Baca Juga: Wamendag: SDM Metrologi Mesti Siap Sokong Perdagangan

"Kemudian peserta didik berharap pembelajaran tidak dipenuhi tugas. Yang menjadi kendala siswa adalah materi yang disampaikan harus komunikatif dan kontekstual. Baik orang tua dan siswa sulit berkomunikasi langsung dengan guru. Terakhir, ada beberapa SMA/SMK yang tidak memiliki akses internet," jelasnya kepada wartawan di Bandung, Jumat (17/7/2020).

Dari berbagai kendala yang dialami orang tua dan peserta didik, pihaknya sudah menempuh sejumlah upaya. Tujuannya supaya pembelajaran daring berjalan optimal.

"Kami menempatkan siswa, orang tua, pengawas, dan guru, masing-masing memiliki tugas. Kemudian semua pihak harus berinovasi, khususnya guru dalam menyampaikan materi secara interaktif. Kami juga sudah mengalokasikan biaya internet melalui dana BOS," ungkapnya.

Senada dengan Ketua Pengurus Pusat Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) Yanti Hartanto mengatakan bahwa pendidikan secara online masih efektif dilakukan di masa pandemi saat ini. Sistem pembelajaran jarak jauh diusahakan dilakukan secara optimal yang didukung perangkat penunjang yang tersedia dengan terus didampingi orang tua siswa.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini