Ada Apa Nih? Kok Kim Jong-un Kumpulkan Para Jenderal Besar Korut?

Ada Apa Nih? Kok Kim Jong-un Kumpulkan Para Jenderal Besar Korut? Kredit Foto: Reuters/KCNA

Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, memanggil seluruh perwira tinggi Tentara Rakyat Korea (KPA) untuk membahas langkah terkait ketegangan dengan Korea Selatan (Korsel). Hubungan dua negara di Semenanjung Korea kembali memanas dalam tiga bulan terakhir.

Dalam laporan yang dikutip dari Kantor Berita Kora Utara (KCNA), Kim mengadakan pertemuan skala besar bersama Komisi Militer Pusat Komite Sentral Partai Buruh Korea Utara, Sabtu (18/7/2020). Pertemuan ini digagas Kim untuk membahas sejumlah rencana pencegahan terkait potensi ancaman militer Korsel.

Baca Juga: Polisi Tangkap Remaja Calon Bodyguard Pribadi Kim Jong-un

"(Pertemuan skala besar membahas masalah-masalah utama) untuk lebih lanjut meningkatkan pencegahan perang negara, dan menangani potensi ancaman militer," bunyi laporan KCNA.

Sementara itu, menurut laporan lain yang dikutip dari Sputnik News, Kim juga disebut menandatangani sejumlah dokumen terkait dengan produksi militer Korut. Hal ini diketahui setelah Wakil Ketua Komisi Militer Pusat, Jenderal (Purn.) Ri Pyong-chol, menyodorkan dokumen-dokumen tersebut.

Pada akhir Juni lalu, Kim juga mengadakan pertemuan awal dengan Komisi Militer Pusat pasca ledakan Kantor Penghubung Bersama di kota perbatasan, Kaesong, 16 Juni lalu. 

Meski menolak tuduhan itu, Korsel tetap yakin bahwa Korut lah yang telah meledakkan kantor itu. Di sisi lain, Korut mengetahui ada aksi spionase di perbatasan yang dilakukan Korsel. Sejumlah selebaran anti-Korut ditemukan di sejumlah wilayah perbatasan, dan membuat Kim murka.

Bulan lalu, adik Kim yang juga menjabat sebagai Wakil Direktur Pertama Departemen Partai Buruh Korut (WPK), sempat menebar ancaman kepada Korsel. Ancaman dilontarkan Yo-jong setelah mengetahui semakin maraknya aksi spionase dan protes yang dilakukan oleh para pembelot Korut yang lari ke Korsel.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini