Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

PLN Pastikan Pelayanan Kelistrikan Terjaga meski WFH

PLN Pastikan Pelayanan Kelistrikan Terjaga meski WFH Kredit Foto: PLN
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN) terus mengedepankan protokol kesehatan dalam aktivitas perusahaan untuk meningkatkan kewaspadaan penyebaran Covid-19. Sebagai bagian dari langkah preventif, PLN terus menekankan penggunaan masker, cuci tangan, dan physical distancing (jaga jarak) saat bekerja.

Tak hanya itu, PLN juga menggelar random test kepada pegawai untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan internal PLN. Selain itu, PLN masih memberlakukan work from home (WFH) bagi sebagian pegawai di kantor PLN Pusat. Dalam skema WFH ini, PLN memastikan seluruh layanan tetap berjalan dengan baik.

Baca Juga: PLN Berhasil Pulihkan Gangguan Listrik Akibat Layang-Layang

Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, Agung Murdifi, menyampaikan, untuk menjaga layanan tetap baik, PLN didukung teknologi seperti presensi karyawan berbasis aplikasi geotagging, mekanisme rapat berbasis daring, surat menyurat menggunakan Aplikasi Management Surat (AMS) Korporat, serta penyimpanan dan transfer data kerja melalui sistem cloud. Sementara itu, petugas yang harus tetap berada di pusat-pusat pengontrolan dan pemeliharaan listrik tetap bekerja dengan meningkatkan standar kesehatan tinggi.

"Kami pastikan pasokan listrik pelanggan tetap terjaga selama pemberlakukan konsep WFH karena hal ini hanya berlaku untuk PLN Kantor Pusat saja. Sementara, petugas penjagaan dan pelayanan di lapangan tetap berjalan seperti biasa. Kami memahami bahwa ketersediaan listrik di rumah-rumah merupakan kebutuhan vital yang tidak boleh mengalami gangguan," ujar Agung Murdifi dalam keterangan pers, Senin (20/7/2020).

Agung menjelaskan, pegawai dengan jenis pekerjaan bersifat kritikal seperti operator, petugas control room, dispatcher, pelayanan teknik, pemeliharaan, pelayanan pelanggan atau contact center, tenaga medis, dsb. yang tidak dapat ditinggalkan secara operasional akan tetap bekerja dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Selain itu, selama bertugas pada jam kerja, mereka akan mendapatkan makanan sehat dan vitamin tambahan serta dilarang memasuki area kerja di luar control room dan dispatcher.

Agung menambahkan, PLN juga melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin kepada pegawai dan menyediakan fasilitas ruang pemeriksaan kesehatan beserta tenaga medis dan peralatan pendukungnya. PLN juga menyediakan angkutan antar-jemput dari rumah tinggal ke tempat kerja untuk menghindarkan petugas dari penularan Covid-19. PLN juga menambah unit Control System sebagai cadangan (mirroring) untuk memastikan bahwa pasokan listrik kepada masyarakat tidak terganggu.

"PLN telah memetakan bagian-bagian mana yang harus tetap bekerja penuh, tidak boleh berhenti atau 24 jam. Bagi yang bekerja, protokol Covid-19 kami perhatikan. Hal ini dilakukan untuk memastikan seluruh petugas dalam kondisi prima dan sehat sehingga bisa memberikan pelayanan maksimal dalam menjaga pasokan listrik bagi masyarakat," pungkas Agung.

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Mochamad Rizky Fauzan
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: