Dirongrong PA 212, BPIP: Dukung Pancasila? Dukung Kami Juga Dong!

Dirongrong PA 212, BPIP: Dukung Pancasila? Dukung Kami Juga Dong! Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Wakil Ketua  Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Hariyono meminta kepada Persaudaraan Alumni (PA) 212 untuk mendukung BPIP bila sepakat dengan pancasila.

Hal tersebut dikatakan terkait desakan PA 212 kepada pemerintah untuk membubarkan BPIP.

"Terima kasih sudah mendukung Pancasila. Cuma mohon juga kalau mendukung Pancasila, maka lembaga yang punya tanggung jawab atau diberi tugas untuk melakukan sosialisasi dan internalisasi nilai-nilai Pancasila itu tetap ada dan harus didukung," katanya, kepada wartawan, Senin (20/7/2020).

Baca Juga: Kelompok 212 Teriak Bubarkan BPIP, Orang Demokrat: Lawan!!

Lanjutnya, ia mengatakan dirinya sangat memahami PA 212 merupakan kelompok pendukung Pancasila, namun di sisi lain PA 212 tidak setuju dengan BPIP.

"Kalau menurut saya, itu haknya PA 212 untuk mengadakan Munas dan membuat rekomendasi, yang jelas kami di BPIP punya tugas dan tanggung jawab moral bagaimana nilai-nilai Pancasila tidak hilang dari ruang publik," tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa BPIP memiliki tanggung jawab untuk mengamankan Pancasila dan sudah terpantau semaki surut di era saat ini.

Menurutnya, kalau kondisi seperti itu dibiarkan, persatuan dan kesatuan bangsa bisa terancam oleh ideologi lain.

"Belum lagi, sejak era reformasi ada ideologi transnasional yang ingin menjadikan Indonesia sebagai bagian dari kekhalifahan. Ini kan juga ada. Makanya HTI dibubarkan," tukasnya.

Sebelumnya, diketahui, permintaan ini menjadi salah satu amanat Musyawarah Nasional II PA 212, termasuk pemulangan Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab dari Arab Saudi. 

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini