Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ramai Diperbincangkan Klien Jouska, Seperti Apa Profil LUCK?

Ramai Diperbincangkan Klien Jouska, Seperti Apa Profil LUCK? Kredit Foto: Antara/Wahyu Putro A
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tiba-tiba saja nama PT Sentral Mitra Komunika Tbk (LUCK) ramai diperbicangkan. Hal tersebut disebabkan oleh curhatan kerugian para klien PT Jouska Finansial Indonesia yang merupakan perusahaan penasihat keuangan (Financial Planner) setelah menanamkan uangnya di saham lUCK. Lalu seperti apa sebenarnya profil LUCK sendiri?

Dalam laporan tahunan Sentral Mitra Komunika kepada BUrsa Efek Indonesia disebutkan bahwa perseroan dan entitas anak, didirikan pada 2008 oleh tiga bersaudara, yaitu Caroline Himawati Hidajat, Christine Herawati, dan Josephine Handayani Hidajat.

Akta Pendirian No. 11 pada 14 November 2008 dibuat di hadapan notaris Henny Hendrawati Putradjaja, SH di Jakarta yang telah memperoleh pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia melalui Surat No. AHU96180.AH.01.01.Tahun 2008 tertanggal 13 Desember 2008.

Baca Juga: Viral Kasus Jouska, OJK Angkat Bicara

Grup awalnya bergerak di bidang usaha penjualan alat-alat elektronik seperti komputer, printer, notebook dan sebagainya. Dalam kurun kurang lebih satu dekade, usaha Grup telah berkembang pesat. Lalu, pada 2018, Grup go public dengan melaksanakan penawaran saham penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO).

Saat ini saham Grup dimiliki Caroline Himawati Hidajat sebanyak 29,2%; Christine Herawati, dan Josephine Handayani Hidajat masing-masing sebanyak 14,6%; pemegang Serial System Pte Ltd sebanyak 20%; serta masyarakat umum sebanyak 21,6%.

Usaha Grup pun makin berkembang. Usaha yang dilakukan Grup mulai merambah bidang bisnis solusi percetakan dan dokumen. Selain itu Grup juga melakukan penjualan produk dan jasa teknologi informasi. Solusi yang ditawarkan Grup adalah upaya menaikkan efisiensi biaya percetakan demi mendukung bisnis konsumen korporasi menjadi lebih kompetitif.

Baca Juga: Jouska Otak-atik Dana Nasabah, Asosiasi Finansial Bilang Itu...

Animo pasar yang besar menunjukan bahwa Grup telah memiliki kepercayaan masyarakat. Didukung para staf dan pegawai profesional, di usia yang masih relatif muda Grup telah tumbuh dan berkembang semakin kuat. Hal ini bisa dilihat dari penghargaan dan referensi yang diperoleh Grup hingga saat ini.

Usaha Grup dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu bisnis utama dan bisnis penunjang.

Usaha Utama, meliputi:

a. Kegiatan Usaha Penunjang Pencetakan, meliputi penerbitan, desain dan cetak grafis, percetakan majalah, tabloid (media massa) dan dokumen.

b. Industri Komputer dan/atau Perakitan Komputer.

c. Perdagangan Besar Komputer dan Perlengkapan Komputer.

d. Perdagangan Besar Piranti Lunak.

e. Perdagangan Besar Peralatan Telekomunikasi, meliputi peralatan transmisi telekomunikasi, peralatan telekomunikasi, peralatan informatika dan multimedia.

f. Penerbitan Piranti Lunak (Software), yaitu penyediaan jasa keahlian di bidang teknologi informasi seperti penulisan, modifikasi, pengujian dan penyediaan pendukung perangkat lunak (software).

g. Aktivitas Konsultasi Keamanan Informasi, meliputi konsultasi teknologi informasi, telekomunikasi, dan rekayasa informatika, publikasi dan komunikasi.

h. Aktivitas Konsultasi Komputer dan Manajemen Fasilitas Komputer Lainnya, meliputi perencanaan dan perancangan sistem komputer yang mengintegrasikan perangkat keras komputer, perangkat lunak dan teknologi komunikasi.

i. Aktivitas Jasa Informasi Lainnya.

Usaha Penunjang, meliputi:

a. Aktivitas Kantor Pusat

b. Aktivitas Konsultasi Manajemen Lainnya, yaitu:

- Nasihat, bimbingan dan asistensi operasional suatu usaha dan layanan masyarakat mengenai hubungan masyarakat (public relation) dan komunikasi masyarakat atau umum, kegiatan lobi, rancangan dari metode dan prosedur akuntansi program akuntansi biaya, prosedur pengawasan anggaran belanja.

- Pemberian nasihat dan bantuan untuk usaha dan pelayanan bantuan masyarakat dalam perencanaan, pengorganisasian, efisiensi dan pengawasan, informasi manajemen dan lainlain.

c. Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi Mesin Kantor dan Peralatannya. d. Aktivitas Fotokopi, Penyiapan Dokumen dan Aktivitas Khusus Penunjang Kantor Lainnya. e. Aktivitas Jasa Penunjang Usaha Lainnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Bagikan Artikel: