Portal Berita Ekonomi Sabtu, 15 Agustus 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 09:37 WIB. Nikkei - 22.750 (11/8), 22.843 (12/8), 23.249 (13/8), 23.289 (14/8). 
  • 09:34 WIB. FTSE 100 - 6.050 (10/8), 6.154 (11/8), 6.280 (12/8), 6.185 (13/8), 6.090 (14/8).
  • 09:31 WIB. S&P 500 - 3.360 (10/8), 3.333 (11/8), 3.380 (12/8), 3.373 (13/8), 3.372 (14/8).
  • 09:29 WIB. Dow Jones - 27.791 (10/8), 27.686 (11/8), 27.976 (12/8), 27.896 (13/8), 27.931 (14/8).
  • 09:27 WIB. Nasdaq - 10.968 (10/8), 10.782 (11/8), 11.012 (12/8), 11.042 (13/8), 11.019 (14/8).

Strategi Pemasaran Komprehensif untuk Korporasi dan UMKM

Strategi Pemasaran Komprehensif untuk Korporasi dan UMKM
WE Online, Jakarta -

Di saat potensi resesi mengancam dunia usaha, terobosan dan kolaborasi pemasaran sangat dibutuhkan agar bisnis dapat bertahan dari dampak pandemi. Seperti yang terjalin antara Bhinneka.Com bersama Omnicom Media Group, agensi periklanan multinasional, dalam menghadirkan solusi pariwara dan promosi secara online.

Kolaborasi ini pada dasarnya membuka akses pasar e-commerce bagi brand, terutama untuk menyasar segmen korporat (B2B) dan UMKM. Dengan menjembatani korporasi dan pelaku UMKM secara omni channel (O2O), ada nilai tambah yang diperoleh klien-klien Omnicom Media Group. Nilai tambah itu adalah mendorong pertumbuhan bisnis sekaligus meningkatkan pengalaman berbelanja.

Baca Juga: Bhinneka.com Buka Gerbang UMKM Bergabung dalam Bela

Omnicom Media Group memperluas akses brand kliennya ke basis data B2B Bhinneka.Com. Mekanismenya, Omnicom Media Group menyusun strategi pemasaran dan periklanan secara komprehensif berdasarkan data dari Bhinneka.Com. Lalu, brand exposure atau keterpaparan pun ditingkatkan melalui digital marketing, email marketing, telemarketing, offline event, content marketing, dan sales team Bhinneka.Com. Dengan demikian, aktivitas periklanan yang dijalankan benar-benar berdampak.

Vensia Tjhin, Chief of Commercial & Omnichannel Bhinneka.Com menjelaskan, kolaborasi tersebut adalah bentuk konkret dari upaya pasar yang terus beradaptasi, termasuk melalui saluran pemasaran alternatif. Sebagai Business Super Ecosystem dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di segmen B2B, Bhinneka.Com memiliki pemahaman yang komprehensif tentang segmen B2B.

Didukung dengan strategi omni channel dan algoritma yang canggih, Bhinneka.Com menghubungkan produk yang sesuai dengan kebutuhan B2B dan UMKM. Langkah itu diyakini akan membantu meningkatkan pertumbuhan dan kelangsungan UMKM di Indonesia hingga diharapkan bisa melakukan penjualan dalam volume yang lebih besar ke pasar korporasi (B2B).

"Kami berharap kolaborasi ini dapat menjadi langkah inisiatif pertama untuk bangkit kembali di era kenormalan baru," ujar Vensia.

Langkah strategis ini juga diharapkan dapat mendukung upaya penyelamatan UMKM dari dampak pandemi. IMF membeberkan hasil studinya bahwa tanpa bantuan pemerintah, risiko gulung tikar pada usaha kecil dan menengah meningkat hingga tiga kali lipat; dari "hanya" 4% bisnis yang diperkirakan bangkrut, bisa melonjak hingga 12%.

Rohan Mahajan, Head of Performance Omnicom Media Group Indonesia menambahkan, besarnya database dikombinasikan dengan segmen pasar yang spesifik menjadikan Bhinneka.Com solusi periklanan yang efisien dan optimal. Sejak menjalin kerja sama dengan Bhinneka.Com, beberapa klien Omnicom Media Group telah mencatat peningkatan pendapatan berkat solusi iklan dan promosi online yang disediakan.

Hal itu juga diperkuat dengan pernyataan dari Paul Shepherd, Chief Investment Officer Omnicom Media Group, Asia Pacific. Mendengar feedback positif dari klien mengenai kesuksesan kampanye pemasaran mereka, pihaknya sangat antusias untuk mempererat kemitraan dengan Bhinneka.Com. Di masa pandemi Covid-19, e-commerce telah menjadi platform promosi yang paling tepat, paling cepat, dan paling efektif.

Dengan 1,5 juta pelanggan Bhinneka yang terdiri dari korporasi, institusi pemerintah dan UMKM, Paul yakin dapat mengoptimalkan anggaran iklan dan promosi setiap klien mereka dengan efektif. Apalagi, Bhinneka.Com tercatat sebagai e-commerce B2B dengan traffic paling tinggi di Indonesia.

"Bhinneka.Com telah menjadi mitra yang berharga bagi kami untuk mengenal perilaku pelanggan (consumer behavior) korporasi di Indonesia berdasarkan pengalamannya selama 27 tahun," ujar Paul.

Bhinneka.Com senantiasa berkomitmen untuk memperkuat Business Super Ecosystem di Indonesia. Tidak hanya menghadirkan solusi menjalankan bisnis di era kenormalan baru, Bhinneka.Com juga meluncurkan program #BangkitLagi yang bertujuan untuk mendukung semua pemilik brand baik korporasi maupun UMKM untuk segera pulih dengan insentif berbagai program.

Tag: PT Bhinneka Mentari Dimensi (Bhinneka.com), Digital Economy, Digital Marketing

Penulis: Agus Aryanto

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Foto: Unsplash/John Schnobrich

Baca Juga

loading...
Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,997.86 3,957.77
British Pound GBP 1.00 19,577.52 19,379.75
China Yuan CNY 1.00 2,157.44 2,135.72
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,991.59 14,842.42
Dolar Australia AUD 1.00 10,705.49 10,597.49
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,934.40 1,914.93
Dolar Singapura SGD 1.00 10,918.06 10,807.85
EURO Spot Rate EUR 1.00 17,708.07 17,530.38
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,574.53 3,533.07
Yen Jepang JPY 100.00 14,018.69 13,877.91
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5247.690 8.440 698
2 Agriculture 1191.965 -5.185 23
3 Mining 1411.043 13.217 48
4 Basic Industry and Chemicals 764.095 1.164 80
5 Miscellanous Industry 950.120 -3.080 52
6 Consumer Goods 1942.851 11.219 58
7 Cons., Property & Real Estate 293.644 -2.218 92
8 Infrastruc., Utility & Trans. 888.134 -1.335 78
9 Finance 1169.651 5.304 93
10 Trade & Service 626.647 -7.124 174
No Code Prev Close Change %
1 FOOD 122 164 42 34.43
2 MBAP 2,270 2,830 560 24.67
3 KDSI 730 900 170 23.29
4 SKBM 290 346 56 19.31
5 ARKA 288 340 52 18.06
6 TPMA 342 392 50 14.62
7 POLU 850 960 110 12.94
8 NZIA 170 189 19 11.18
9 SRSN 54 60 6 11.11
10 AMAN 196 216 20 10.20
No Code Prev Close Change %
1 RONY 100 93 -7 -7.00
2 POLI 1,145 1,065 -80 -6.99
3 DVLA 3,040 2,830 -210 -6.91
4 PEGE 145 135 -10 -6.90
5 MNCN 945 880 -65 -6.88
6 MSKY 955 890 -65 -6.81
7 ASJT 118 110 -8 -6.78
8 PRAS 134 125 -9 -6.72
9 KREN 90 84 -6 -6.67
10 BBLD 420 392 -28 -6.67
No Code Prev Close Change %
1 FREN 120 112 -8 -6.67
2 KAEF 3,260 3,350 90 2.76
3 MNCN 945 880 -65 -6.88
4 PURA 134 126 -8 -5.97
5 TOWR 1,030 1,035 5 0.49
6 MDKA 1,770 1,810 40 2.26
7 EXCL 2,610 2,550 -60 -2.30
8 BBNI 5,075 5,000 -75 -1.48
9 ANTM 770 785 15 1.95
10 TLKM 3,010 3,030 20 0.66