Portal Berita Ekonomi Minggu, 09 Agustus 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief

50 Tahun TIKI: Membangun Standar Layanan di Industri Pengiriman

50 Tahun TIKI: Membangun Standar Layanan di Industri Pengiriman
WE Online, Jakarta -

Kualitas layanan TIKI telah membentuk standar baru di industri jasa pengiriman Indonesia. Hal tersebut tidak terwujud dalam satu malam, tetapi melalui komitmen untuk terus melakukan inovasi dan transformasi selama 50 tahun perjalanan mereka di Tanah Air.

Operational & Network Director PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI), Ahmad Ferwito, mengatakan perkembangan bisnis TIKI selama lima dekade sangatlah positif. Mengawali core business di sektor kurir domestik, TIKI mampu mengembangkan bisnis dan layanan ke area kurir internasional dan trucking dengan berbagai jenis layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

"Kami sangat bangga dan bersyukur di usianya yang memasuki 50 tahun ini, TIKI mampu menjaga komitmen menjadi perusahaan jasa pengiriman terpercaya," katanya kepada Warta Ekonomi melalui pesan tertulis yang diterima di Jakarta.

Ahmad Ferwito menjelaskan TIKI mengawali jaringan operasional di dua cabang utama yakni Pangkalpinang dan Semarang pada tahun 1970 silam. Saat ini TIKI telah memiliki jaringan operasional yang meliputi 66 kota besar di Indonesia dengan didukung oleh lebih dari 500 kantor perwakilan, 3.700 gerai, serta 6.000 karyawan di seluruh Indonesia. Selain itu, TIKI sudah bisa melayani hampir 514 wilayah kota/kabupaten atau 82.505 kelurahan/desa di seluruh Indonesia.

"Hal ini menjadikan TIKI sebagai perusahaan jasa pengiriman milik swasta dengan jaringan pengiriman terluas di Indonesia," tuturnya.

Tidak hanya mengembangkan jaringan operasional, ia memastikan TIKI terus melakukan inovasi produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Hingga saat ini TIKI memiliki delapan produk unggulan dan 12 layanan serta fitur tambahan untuk memberikan kemudahan dan fleksibilitas transaksi kiriman pelanggan.

Baru-baru ini, ujarnya, TIKI menambahkan dua inovasi produk dan layanan baru untuk mengakomodasi kebutuhan pasar yaitu TIKI Putar (Jemput Antar) dan TIKI Serlok (TIKI Seller Online Booking). Dengan berbagai inovasi yang dilakukan, TIKI merupakan pionir dalam menyediakan produk dan layanan berbasis teknologi di industri jasa pengiriman.

"Kami akan terus memperkuat penerapan dan pemanfaatan teknologi dalam setiap aspek bisnis perusahaan untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, serta kemudahaan interaksi antara perusahaan dengan pelanggan," tegasnya.

Meningkatkan Kualitas Layanan

Ahmad Ferwito mengatakan TIKI senantiasa berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan guna beradaptasi dengan perubahan kebutuhan pelanggan selama lima dekade ini. Upaya tersebut terus dilakukan dengan berlandaskan pada tiga hal yaitu kualitas pelayanan terbaik dengan kapabilitas operasional yang mumpuni (operational excellences), selalu mengutamakan kebutuhan dan kepentingan konsumen (customer intimacy), serta keunggulan produk dan kualitas layanan (product and service quality leadership).

Sebagai contoh, TIKI harus melakukan adaptasi dengan meningkatkan kualitas layanan seiring dengan perkembangan internet dan e-commerce beberapa tahun terakhir ini. Hal itu karena perkembangan internet dan e-commerce telah mengubah pola kebiasaan pelanggan dalam berinteraksi dan melakukan transaksi termasuk di industri jasa kurir.

Di era digital ini pelanggan memiliki empat kebutuhan utama yaitu (1) kompetitif yakni harga kompetitif dan terjangkau, (2) cepat yakni kiriman diterima tepat waktu dan dalam kondisi baik, (3) jemput yakni memperbanyak pilihan drop off untuk konsumen termasuk layanan barang dijemput di lokasi konsumen tanpa minimum jumlah barang dan tidak dikenakan biaya, serta (4) status update yakni sistem pelacakan kiriman yang real-time. Untuk menjawab perkembangan zaman, TIKI memiliki strategi TIKI Go Digital.

Berbagai produk dan layanan berbasis teknologi yang menjadi unggulan TIKI antara lain layanan Jempol (Jemput Online), aplikasi TIKI, TIKI Online Booking (TOB), SMS Notification, dan E-Signature. Selain itu, TIKI memiliki smart control tower yang dapat menganalisis data operasional secara real-time untuk membantu manajemen melakukan pengambilan keputusan yang lebih tepat sasaran.

"Perangkat smart control tower ini memungkinkan TIKI mengetahui jumlah paket terkirim, terlambat, atau tidak terkirim setiap hari dari seluruh cabang, produktivitas tiap individu kurir dalam mengirim paket, dan pemetaan kinerja gerai," terangnya.

Adapun, di era pandemi Covid-19 ini TIKI menerapkan langkah-langkah preventif di lingkungan operasional mencakup penyemprotan cairan disinfektan secara regular di gerai dan gudang operasional dan pada paket-paket kiriman yang diterima dan yang akan dikirimkan serta menyediakan hand sanitizer di seluruh gerai dan gudang operasional untuk dapat digunakan oleh staf maupun pelanggan yang datang ke gerai.

Kemudian TIKI mewajibkan para staf dan kurir untuk menjaga kebersihan dan tetap steril dengan menggunakan hand sanitizer atau mencuci tangan ketika memasuki lingkungan kerja dan mengenakan masker dan sarung tangan latex ketika menerima dan mengirimkan paket; memastikan kesehatan para staf dan kurir TIKI dengan melakukan pengukuran suhu badan dan memulangkan staf atau kurir yang melebihi suhu tubuh normal agar beristirahat; serta menjaga jarak aman antara staf atau kurir dengan pelanggan ketika melakukan transaksi pengiriman.

"Selain teknologi dan produk, sumber daya manusia juga menjadi prioritas kami untuk menjaga kualitas layanan yang kami berikan kepada pelanggan. Pelatihan, penghargaan, dan pengembangan karir menjadi salah satu cara kami dalam membangun kualitas sumber daya manusia yang terbaik," terangnya.

Membangun Kualitas SDM

Ahmad Ferwito menyebutkan sumber daya manusia dan jaringan distribusi adalah aspek yang sangat krusial di industri jasa pengiriman. Konsistensi layanan dan pengalaman pelanggan sangat bergantung pada kualitas SDM baik di operasional maupun yang langsung bertatap muka dengan pelanggan.

"Oleh karena itu, kami memiliki program pengembangan dan jaminan karir yang progresif bagi karyawan," tegasnya.

Ia memastikan TIKI memiliki program pelatihan baik oleh internal maupun eksternal untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menjalankan tugas. Semua karyawan TIKI mendapatkan kesempatan untuk mencoba berbagai jenis keahlian yang ada di dalam operasional dan manajemen. Tidak hanya itu, ujarnya, TIKI juga membuka kesempatan bagi kaum disabilitas untuk berkarir di perusahaan.

"Di TIKI, kami menjaga semangat kekeluargaan di antara manajemen dengan para karyawan. Kesejahteraan dan kenyamanan dalam bekerja juga menjadi perhatian kami," pungkasnya.

Tag: TIKI, PT Citra Van Titipan Kilat

Penulis: Cahyo Prayogo

Editor: Cahyo Prayogo

Foto: Sufri Yuliardi

Baca Juga

loading...
Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,925.40 3,885.82
British Pound GBP 1.00 19,310.01 19,112.04
China Yuan CNY 1.00 2,113.12 2,091.20
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,720.24 14,573.77
Dolar Australia AUD 1.00 10,619.18 10,510.60
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,899.36 1,880.44
Dolar Singapura SGD 1.00 10,735.30 10,626.93
EURO Spot Rate EUR 1.00 17,442.01 17,267.00
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,510.67 3,471.60
Yen Jepang JPY 100.00 13,942.26 13,802.23
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5143.893 -34.379 697
2 Agriculture 1182.126 4.501 23
3 Mining 1420.039 -17.397 48
4 Basic Industry and Chemicals 750.026 -7.720 80
5 Miscellanous Industry 936.518 5.337 52
6 Consumer Goods 1901.378 -17.731 58
7 Cons., Property & Real Estate 287.698 -4.036 92
8 Infrastruc., Utility & Trans. 891.398 -15.669 78
9 Finance 1123.701 -6.899 93
10 Trade & Service 635.015 7.240 173
No Code Prev Close Change %
1 IPOL 70 92 22 31.43
2 TOYS 436 545 109 25.00
3 WOWS 72 89 17 23.61
4 OPMS 128 151 23 17.97
5 YULE 172 197 25 14.53
6 BBHI 146 167 21 14.38
7 EMTK 4,290 4,900 610 14.22
8 DART 220 248 28 12.73
9 CSRA 310 346 36 11.61
10 PTSN 208 232 24 11.54
No Code Prev Close Change %
1 PGJO 55 50 -5 -9.09
2 VRNA 115 107 -8 -6.96
3 INDO 130 121 -9 -6.92
4 IBFN 290 270 -20 -6.90
5 LUCK 232 216 -16 -6.90
6 PGLI 204 190 -14 -6.86
7 BAYU 1,100 1,025 -75 -6.82
8 APII 191 178 -13 -6.81
9 TARA 59 55 -4 -6.78
10 CSMI 208 194 -14 -6.73
No Code Prev Close Change %
1 TOWR 1,150 1,080 -70 -6.09
2 ANTM 835 840 5 0.60
3 BBKP 182 193 11 6.04
4 UNTR 23,775 24,700 925 3.89
5 GIAA 258 260 2 0.78
6 TLKM 3,020 2,980 -40 -1.32
7 PURA 124 126 2 1.61
8 MDKA 2,020 2,050 30 1.49
9 PWON 388 376 -12 -3.09
10 ERAA 1,525 1,620 95 6.23