Kisah 2.000 Anak Mantan Tahanan ISIS Ini Bikin Merinding karena..

Kisah 2.000 Anak Mantan Tahanan ISIS Ini Bikin Merinding karena.. Foto: Reuters/Alaa al-Faqir

Irak menyampaikan bahwa anak-anak Yezidi yang selamat dari Negara Islam Irak Suriah (ISIS) menghadapi krisis kesehatan yang belum pernah terjadi sebelumnya. 

Hampir 2.000 anak-anak Yezidi yang telah kembali ke keluarga mereka setelah ditahan kelompok bersenjata yang menamakan dirinya ISIS. 

Baca Juga: Gudang ISIS Kena Gerebek, Eh Tentara Suriah Malah Nemu Narkoba

Kini mereka sedang menghadapi krisis kesehatan fisik dan mental. Hal tersebut disampaikan Amnesty International dalam sebuah laporan baru yang diterbitkan Kamis (30/6/2020).

Amnesty International mengunjungi Wilayah Kurdistan Irak dari 17 hingga 27 Februari 2020, dan mewawancarai 29 orang yang selamat yang ditangkap oleh ISIS saat masih anak-anak.

Mewawanarai juga 25 anggota keluarga yang merawat anak-anak yang selamat dan 69 ahli dan pejabat, termasuk dokter, psikoterapis, anggota staf LSM, pejabat PBB, dan pejabat pemerintah.

Catatan, nama-nama narasumber telah diubah untuk melindungi identitas mereka yang diwawancarai, dalam Laporan 'Legacy of Terror: Nasib Anak Yezidi yang selamat dari ISIS'. 

Laporan juga membahas kebutuhan mendesak untuk mengakhiri pemisahan paksa perempuan dan anak-anak mereka yang lahir dari kekerasan seksual oleh anggota ISIS.

Antara 2014 dan 2017, ISIS melakukan kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan, dan melakukan apa yang digambarkan PBB sebagai genosida terhadap komunitas Yezidi di Irak.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini